Turki Perintahkan Penangkapan Ratusan Orang Terkait Gulen

Polisi turki. Foto: Istimewa

Oleh: Nurcholis |

Kantor kepala kejaksaan Ankara telah menangkap 50 tersangka dari militer

Indonesiainside.id, Jakarta — Turki memerintahkan penangkapan 192 orang yang diduga memiliki keterkaitan dengan ulama Muslim yang berbasis di Amerika Serikat dan dituduh menjadi dalang upaya kudeta 2016, demikian dilaporkan surat kabar Hurriyet, Selasa.

Operasi kepolisian dengan menargetkan pengikut Fethullah Gulen dilakukan secara teratur, sejak upaya kudeta gagal, dan mendapatkan momentum baru-baru ini. Pihak berwenang di Istanbul dan Adana memerintahkan penangkapan terhadap lebih dari 100 tersangka dari kalangan militer pekan lalu.

Kantor kepala kejaksaan Ankara telah menangkap 50 tersangka dari militer – yang terdiri dari tiga letnan dan 47 sersan – serta 55 orang yang dituduh menggunakan aplikasi pesan ByLock, menurut laporan tersebut.

Turki, yang melarang aplikasi pesan ByLock pascapercobaan kudeta, mengatakan bahwa pengikut Gulen menggunakan aplikasi tersebut untuk berkomunikasi pada malam 15 Juli 2016, saat sekelompok tentara nakal berupaya melengserkan pemerintahan. Kejadian itu menewaskan sekitar 250 orang.

Gulen, yang merupakan mantan sekutu Presiden Tayyip Erdogan dan tinggal dalam pengasingan di Amerika Serikat sejak 1999, membantah sejumlah tuduhan dan mengecam kudeta tersebut.

Kantor kejaksaan di provinsi Konya memerintahkan penahanan 50 orang, termasuk personel militer dan kontak-kontak mereka dalam jaringan Gulen.

Kantor kejaksaan dari dua provinsi lain, yakni Mugla dan Kocaeli, masing-masing mengeluarkan surat perintah penangkapan terhadap 15 hingga 22 personel militer.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here