Pemimpin Dunia Beri Ucapan Idul Fitri pada Muslim

Oleh: Nurcholis |

 

Indonesiainside.id, Jakarta–Momen Idul Fitri dijadikan oleh para pemimpin dunia untuk berbagi pesan kedamaian.

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau memposting pidato ucapan Idul Fitri kepada Muslim di Kanada dan di seluruh dunia.

“Pemerintah Kanada akan tetap teguh di sini di komunitas Muslim di sini,” ujar Justin Trudeau, dalam video yang diunggah di akun Twitter @JustinTrudeau.

Ia menyatakan bahwa komitmen pemerintahnya untuk selalu mendukung komunitas muslim Kanada, dan terus berjuang melawan Islamofobia dan kebencian dalam segala bentuk.

“Setelah sebulan berpuasa dan melakukan banyak hal baik, Idul Fitri tiba untuk dirayakan oleh mereka,” kata Trudeau melalui halaman Twitter-nya.

Dia menambahkan bahwa hari raya ini adalah kesempatan untuk menghormati nilai-nilai Islam dari pelayanan dan kemurahan hati untuk perdamaian dan kasih sayang.

“Apakah itu dilakukan secara sukarela di bank makanan atau mendukung badan amal setempat, Muslim Kanada menunjukkan kepada kita sikap terbaik sepanjang tahun.

Tak lupa, ia juga menyampaikan akan terus memerangi Islamophobia.

“Kami akan terus memerangi Islamophobia dan membenci dalam bentuk apa pun. Mari bersama-sama membawa Kanada ke negara yang lebih baik.

“Aku mewakili keluarga, Sophie berharap Idul Fitri kali ini akan dirayakan dengan gembira. Idul Fitri Mubarak!, “Katanya lagi.

PM Inggris Theresa May melihat bahwa Ramadan memiliki nilai-nilai terbaik dalam menyatukan bangsanya yaitu toleransi, rasa hormat, dan ketidakegoisan.

“Tidak ada tempat di masyarakat kita untuk ideologi keji yang menghasut kebencian dan ketakutan, dan saya mendukung muslim di Inggris dan di seluruh dunia melawan mereka yang berusaha menghancurkan nilai-nilai kita,” ungkap Theresa May dalam pesan lewat akun Twitter @theresa_may.

Presiden AS, Donald Trump, turut mengungkapkan tentang salam damai. Menurutnya, Idul Fitri memberikan kesempatan bagi umat Muslim, di Amerika Serikat dan di seluruh dunia, untuk memperbarui komitmen mereka dalam membantu sesama yang kurang beruntung, memperkuat iman mereka kepada Tuhan, serta memahami ibadah orang lain.

“Kami berharap libur Lebaran membawa sukacita dan kedamaian bagi semua yang merayakannya, dan kami berdoa agar komunitas di seluruh dunia merasakan berkat kasih, pengampunan, dan niat baik Tuhan yang berlimpah,” demikian ungkap Donald Trump dalam pesan resmi yang dirilis via White House.

Kemudian, Menteri Luar Negeri Jerman, Heiko Maas mendoakan mereka, “Yang tahun ini tidak bisa merayakan Idul Fitri dengan tenang bersama keluarga akibat perang, kekerasan, atau sedang berada dalam pengungsian atau pelarian.”

Lantas, Duta Besar Australia untuk Indonesia Gary Quinlan, menyebut Ramadan sebagai masa yang sangat mengesankan, karena manusia bisa lebih berefleksi untuk memikirkan amal kebaikan, komunitas, dan keluarganya.

“Ini adalah hadiah dari Islam untuk kita semua, tidak hanya untuk komunitas Muslim, namun dari komunitas Muslim untuk kita semua,” ujar Gary Quinlan via video yang diunggah di akun Twitternya.

Semantara itu, Raja Salman dari Arab Saudi mengucapkan selamat Idul Fitri kepada seluruh umat Muslim di dunia. Arab Saudi dan sejumlah negara-negara Arab merayakan Idul Fitri pada hari Selasa, 4 Juni 2019.

Dalam ucapan selamat Idul Fitri yang disampaikan oleh Menteri Media Arab Saudi, Turki Al-Shabanah, Raja Salman mengharapkan perdamaian dan kemakmuran bagi umat Muslim di negaranya dan seluruh dunia.

Raja Salman juga berharap agar Allah membantu umat Muslim untuk mencapai apa saja yang baik bagi umat, dan mempersatukan umat Muslim untuk mengikut Qur-an dan sunnah Nabi. (cak)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here