Dukung PBB, Erdogan: Pembunuh Jamal Khassogi Harus Bertanggungjawab

Jamal Khassogi dan Pangeran Mohammed Bin Salman (MBS). Foto: Istimewa.

Oleh: Nurcholis

Indonesiainside.id, Jakarta — Mereka yang bertanggung jawab atas kematian wartawan Jamal Khashoggi harus menanggung akibatnya dan diseret ke pengadilan, kata Presiden Turki Tayyip Erdogan pada Rabu, saat menanggapi laporan PBB mengenai kasus pembunuhan tersebut.

Pada Rabu pagi Agnes Callamard, pelapor khusus PBB untuk masalah ekstra yudisial, mengungkapkan bukti yang menunjukkan Putra Mahkota Arab Saudi Mohamed bin Salman dan sejumlah pejabat senior lainnya bertanggung jawab atas pembunuhan Khashoggi.

Menteri Luar Negeri Arab Saudi, Adel al-Jubeir, menolak laporan penyidik dengan menyebutnya “bukan hal baru”, kutip Reuters.

Ketika berbicara di sebuah acara di Istanbul, Erdogan mengatakan temuan-temuan dalam laporan Callamard membuktikan bahwa Turki telah disalahgunakan dalam proses tersebut.

Turki mendukung laporan PBB terkait tewasnya Jamal Khassogi. Menteri Luar Negeri Mevlut Cavusoglu menyatakan dukungan yang penuh kepada Pelapor Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Agnes Callamard terkait rekomendasi yang diberikannya untuk menuntut pertanggung jawaban soal kasus pembunuhan wartawan Saudi, Jamal Khashoggi.

Lewat pesan di akun media sosial, Cavusoglu mengapresiasi Pelapor Khusus PBB untuk eksekusi di luar hukum dan sewenang-wenang, Callamard soal laporan yang disiapkannya tentang pembunuhan jurnalis Khashoggi.

“Kami sangat mendukung masukan dari Pelapor PBB Callamard untuk menuntut penerangan soal kasus pembunuhan Khashoggi serta mengadili para pelaku,” tutur Menlu Cavusoglu dikutip Anadolu Agency.

Dalam laporan setebal 101 halaman yang dirilis oleh Komisaris Tinggi PBB untuk Hak Asasi Manusia (OHCHR), Arab Saudi dinyatakan bersalah atas peristiwa pembunuhan disengaja terhadap Khashoggi.

Laporan itu menyatakan bahwa terdapat bukti yang dapat diandalkan untuk penyelidikan terhadap pejabat senior, termasuk Putra Mahkota Arab Saudi Mohammad bin Salman. (cak)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here