60 Perusahaan Asing di Myanmar Miliki Hubungan Bisnis dengan Militer Myanmar

Militer Myanmar
60 Perusahaan Asing bekerja sama dengan Myanmar Economic Holdings Limited (MEHL) dan Myanmar Economic Corporation (MEC). Foto: Istimewa

Oleh: Nurcholis 

Indonesiainside.id,Yangon – Sebuah laporan dari misi pencari fakta PBB mengungkapkan bahwa hampir 60 perusahaan asing yang beroperasi di Myanmar memiliki hubungan bisnis dengan militer Myanmar (atau Tatmadaw), kutip The Irrawaddy.

Laporan tersebut menyerukan kepada anggota komunitas bisnis internasional untuk memutuskan hubungan mereka dengan Tatmadaw atau risiko berkontribusi terhadap beberapa pelanggaran hak asasi manusia yang oleh komunitas internasional dituduh dilakukan oleh militer.

Laporan yang dirilis pada hari Senin, menyatakan bahwa setidaknya 15 perusahaan asing bekerja sama dengan Myanmar Economic Holdings Limited (MEHL) dan Myanmar Economic Corporation (MEC) – konglomerat bisnis milik militer memimpin para pemimpin militer – sementara 44 lainnya memiliki ikatan komersial ke mereka.

Laporan itu menuduh perusahaan-perusahaan itu paling tidak berkontribusi pada kemampuan keuangan militer untuk melakukan pelanggaran HAM, khususnya di wilayah etnis seperti negara bagian Kachin, Shan dan Rakhine.

Perusahaan-perusahaan yang terdaftar sebagian besar tidak secara eksklusif dari negara-negara Asia, beberapa berbasis di Eropa. Daftar itu termasuk perusahaan-perusahaan dari Cina, Singapura, Korea, India, Jepang, Belgia, Israel, Prancis, dan Swiss.

“Pendapatan yang dihasilkan oleh bisnis militer ini memperkuat otonomi Tatmadaw dari pengawasan sipil terpilih dan memberikan dukungan keuangan untuk operasi Tatmadaw dengan beragam pelanggaran hak asasi manusia dan hukum humaniter internasional,” kata Ahli Misi Christopher Sidoti.

Laporan itu juga mendaftarkan 45 bisnis lokal untuk sumbangan lebih dari 10 juta dolar mereka kepada militer dalam minggu-minggu setelah dimulainya operasi pembersihan Pasukan Keselamatan Arakan Rohingya (ARSA) tahun 2017 di Negara Bagian Rakhine — operasi yang secara luas dikutuk sejak pembersihan etnis Muslim Rohingya.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here