Oposisi Suriah Tembak Jatuh Jet Tempur Rezim Bashar

Oposisi Suriah Tembak Jet Tempur Bashar
Kelompok Oposisi Suriah Tembak Jet Tempur. Foto: Istimewa

Oleh: Nurcholis

Indonesiainsiainside.id, Idlib – Kelompok oposisi Suriah dan kelompok bersenjata anti-rezim menembak jatuh jet tempur milik rezim Assad di Idlib selatan.

Pesawat-pesawat tempur rezim Assad, yang mencoba menyerang bagian utara Hama dan Idlib selatan, menjadi sasaran kelompok-kelompok bersenjata dan anti-rezim.

Fatha-al Mubin, sebuah kelompok operasi militer gabungan yang terdiri dari kelompok-kelompok oposisi dari kelompok-kelompok bersenjata Idlib dan kelompok-kelompok anti-rezim, telah mengumumkan bahwa mereka telah menembak jatuh sebuah jet tempur tipe SU2 di dekat kota Idlib selatan.

Muhammad Rashid dari Milisi Nasir, sebuah faksi Front Pembebasan Nasional di Idlib, mengatakan kepada Anadolu Agency bahwa jet tempur menjadi target unit anti-pesawat di kota Al-Tamanah, Idlib Selatan.

Pilot pesawat itu ditangkap hidup-hidup setelah mendarat dengan parasut di sekitar Al-Tamanah.

Pada bulan Desember 2017, jet tempur tipe L39 rejim Assad, yang mencoba menyerang provinsi Hama timur dan selatan Idlib, ditembak jatuh oleh kelompok Tentara Pembebasan Suriah (FSA).

Pasukan rezim yang didukung oleh Rusia telah semakin dekat ke kota Idlib, Khan Sheikhoun, di mana rezim melakukan pembantaian dengan senjata kimia dan terus meluncurkan serangan udara secara intens meskipun ada perjanjian Astana.

Mereka menguasai kota Habit dan bukit Sukeik, di Selatan Idlib, dari FSA dan kemudian merebut Bukit Tal Tari yang penting secara strategis di desa Kefer Ain.

Dengan demikian, pasukan rezim, mendekati 5,4 mil barat dan 11 kilometer timur distrik Sheikhun Idlib.(ck)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here