Xanana Gusmao Takziah ke Kediaman Habibie

Mantan presiden Timor Leste, Xanana Gusmao (jas hitam), tengah berpelukan dengan Ilham Akbar Habibie dan disaksikan Thareq Kemal Habibie (kanan baju batik.

Oleh: Arif S 

Indonesiainside.id, Jakarta – Tokoh Timor Leste yang juga presiden pertama negeri itu, Xanana Gusmao, mengunjungi kediaman almarhum BJ Habibie. Kunjungan dilakukan tadi malam (14/9) di kawasan Patra Kuningan, Jakarta.

Gusmao ditemani Duta Besar Timor Leste untuk Indonesia, Alberto Xavier Pereira Carlos. Keduanya diterima langsung oleh kedua anak Habibie, Ilham Akbar Habibie dan Thareq Kemal Habibie, beserta keluarga besarnya.

Gusmao melontarkan pujiannya terhadap Habibie. “Beliau ahli sains dan teknologi. Akan tetapi, Pak Habibie juga memegang prinsip nilai-nilai universa. Beliau inspirator yang hebat di bidang pengetahuanl,” paparnya.

Secara khusus Gusmao juga mengenang peran Habibie sebagai presiden ketiga Indonesia pada tahun 1998-1999. Ia menilai, Habibie punya pengaruh besar terhadap berdirinya negara Timor Leste.

“Kami tidak akan mungkin melupakan jasa beliau. Dalam waktu yang singkat serta pada situasi yang amat sulit, beliau memberi kesempatan rakyat Timor Leste untuk menentukan hak sendiri. Kami akan mengenang hal ini,” ungkapnya.

Gusmao mengaku kedatangannya untuk bertakziah ini mewakili seluruh rakyat dan Pemerintah Timor Leste. “Kami membawa pesan untuk keluarga Pak Habibie. Kami seluruh warga Timor Leste mengungkapkan rasa belasungkawa sedalam-dalamnya,” tuturnya.

BJ Habibie mengembuskan nafas terakhir pada 11 September pukul 18.05 di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Subroto, Jakarta. Ia wafat karena gagal jantung. (AS)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here