AS Jebloskan Kelompok ‘The Beatles’ yang Sebelumnya Ditawan Milisi Kurdi

Oleh: Nurcholis

Indonesiainside.id, Washington-Militer Amerika Serikat menjebloskan ke penjara dua petinggi kelompok ISIS yang sebelumnya ditawan oleh petempur pimpinan Kurdi di Suriah dan membawa mereka ke luar negara tersebut, saat Turki mulai melancarkan serangan di lokasi itu, demikian pejabat AS, Rabu (9/10).

Pejabat, yang meminta identitasnya dirahasiakan, menyatakan orang-orang itu ditahan di sebuah lokasi yang aman. Ia tidak memberikan penjelasan lebih lanjut mengenai hal itu.

Pada Rabu Presiden Donald Trump mengatakan telah menahan “sejumlah orang tertentu” ISIS ke luar dari Suriah, saat kekhawatiran memuncak bahwa petempur pimpinan Kurdi mungkin terus melindungi tahanan ISIS di tengah operasi Turki.

Secara terpisah, pejabat lain AS mengkonfirmasi kepada Reuters orang-orang tersebut tergabung dalam sekelompok petempur Inggris terkenal yang dijuluki “The Beatles“, yang terlibat dengan pembunuhan sandera Barat. Washington Post melansir pada Rabu bahwa kedua orang tersebut dipindahkan ke penjara militer AS.

Dua pria Inggris yang diyakini sebagai anggota sel kelompok ini telah ditangkap oleh para pejuang Kurdi Suriah tahun 2018.

Mereka adalah Alexanda Kotey (34),  El Shafee Elsheikh (29), adalah dua orang Inggris anggota terakhir sel ISIS.

Awalnya, kelompok beranggotakan empat orang warga Inggris, semuanya dari London, dan dijuluki “the Beatles” karena aksen Inggris mereka yang kental.

Sebelumnya, mereka diduga terlibat dalam pembunuhan sandera AS.(CK)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here