Liga Arab Kecam Iran karena Serahkan Kedutaan Besar Yaman pada Pemberontak Al-Houthi

Sekretaris Jenderal Liga Arab Ahmad Aboul Gheit

Indonesiainside.id, Dubai-Iran menyerahkan kedutaan besar negara Yaman ke milisi pemberontak Syiah Al-Houthi, sebuah langkah yang dikutuk oleh Liga Arab, kutip Saudi Press Agency (SPA),  hari Rabu.

Sekretaris Jenderal Liga Arab Ahmad Aboul Gheit mengutuk langkah Iran tersebut dengan menganggapnya sebagai pelanggaran mencolok norma-norma diplomatik dan Piagam PBB, Konvensi Wina, dan resolusi Dewan Keamanan terkait.

Langkah ini “merupakan pelanggaran berat terhadap konvensi diplomatik dan pelanggaran eksplisit piagam PBB, Konvensi Wina tentang Hubungan Diplomatik dan Resolusi Keamanan PBB terutama resolusi nomor 2216,” katanya dalam sebuah pernyataan.

“Langkah ini menunjukkan sikap agresif Iran yang gigih yang bertujuan mendestabilisasi Yaman dan mengancam tetangga-tetangganya,” katanya, menegaskan dukungan Liga Arab kepada pemerintah Yaman dalam tindakan hukum dan politik apapun yang dilakukan untuk melawan perilaku Iran ini.

Langkah ini merupakan pelanggaran mencolok norma-norma diplomatik dan pelanggaran terang-terangan terhadap Piagam PBB dan Konvensi Wina, katanya.

Sebuah sumber resmi di Liga Arab mengatakan langkah itu mencerminkan “desakan Iran dalam mengejar kebijakan bermusuhan yang bertujuan untuk mengacaukan Yaman, yang pada gilirannya akan mengancam keamanan tetangga-tetangganya.”

Dia menekankan pentingnya Dewan Keamanan PBB memikul tanggung jawabnya dalam masalah ini. (CK)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here