Bertemu Prabowo, Menhan Australia Puji Kerja Sama Pertahanan dengan Indonesia

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (kanan) bersama Menhan Australia dalam pertemuan bilateral di Bali, Jumat (6/12). Foto: Istimewa

Indonesiainside.id, Bali – Pertemuan Menteri Pertahanan RI, Prabowo Subianto dengan Menteri Pertahanan Australia, Linda Reynolds, di sela-sela Bali Democracy Forum (BDF) ke-12 di Nusa Dua Bali, tidak sebatas membahas kerja sama bilateral kedua negara. Dalam hal ini, Menhan Australia juga memuji dan mengapresiasi atas peningkatan dan pengembangan kerja sama pertahanan dengan Indonesia.

Linda mengatakan, kerja sama pertahanan dengan Indonesia yang telah terjalin erat mengalami peningkatan secara signifikan dari tahun ke tahun. “Peningkatan ini telah memberikan kontribusi besar bagi eratnya hubungan kedua negara,” ujar Linda kepada media saat ditemui di sela-sela pertemuan Indonesia-Australia Defence Ministers’ Meeting, Jum’at (6/12).

Linda juga menuturkan, Indonesia menjadi mitra yang sangat penting bagi Australia. Untuk itu, Australia ingin hubungan baik antara kedua negara yang telah terjalin erat terus ditingkatkan berdasarkan kepentingan bersama yang lebih luas.

“Australia menghargai hubungan erat Australia dengan Indonesia sebagai hubungan kemitraan yang komprehensif dan strategis,” ungkapnya.

Lebih lanjut, kata Linda, Australia sangat menghargai kontribusi besar kerja sama dalam bidang pertahanan bagi meningkatnya hubungan bilateral kedua negara. Selain membahas capaian kerja sama yang telah dilakukan selama ini, pada forum pertemuan Indonesia-Australia Defence Ministers’ Meeting tersebut dibahas juga berbagai upaya peningkatan kerja sama, khususnya terkait isu dan tantangan bersama yang di antaranya berkaitan dengan keamanan maritim.

Terkait keamanan maritim, Menhan Prabowo menuturkan, ada sejumlah kegiatan ilegal yang sering terjadi di wilayah laut yang membutuhkan perhatian bersama kedua negara. Prabowo membeberkan kegiatan ilegal tersebut di antaranya berupa pembajakan, perampokan, perdagangan manusia, penyelundupan narkoba, dan penangkapan ikan secara ilegal.

Dalam pertemuan ini, Prabowo turut didampingi oleh Kasum TNI Letjen TNI, Joni Supriyanto; Irjen Kemhan Laksdya TNI (Purn), Didit Herdiawan; Dirjen Strahan Kemhan Mayjen TNI, Rizerius Eko HS; Dirkersin Ditjen Strahan Kemhan Brigjen TNI, Putu Eka Asmara, dan; Atase Pertahanan RI di Canberra Laksma TNI, Agus Rustandi. (AIJ)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here