Prabowo Bertemu Menhan Australia, Perkuat Kerja Sama Pertahanan 2 Negara

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (kanan) bersama Menhan Australia dalam pertemuan bilateral di Bali, Jumat (6/12). Foto: Istimewa

Indonesiainside.id, Bali – Menteri Pertahanan Prabowo Subianto bertemu Menteri Pertahanan Australia, Linda Reynolds, di pertemuan tingkat menteri Bali Democracy Forum (BDF) ke-12 yang diselenggarakan di Nusa Dua, Bali. Dalam kesempatan tersebut, Prabowo menggelar pertemuan bilateral dalam forum Indonesia-Australia Defence Ministers Meeting.

Prabowo mengatakan, pertemuan ini memberikan makna yang lebih strategis bagi hubungan bilateral Indonesia dan Australia, khususnya dalam bidang kerja sama pertahanan. “Penting bagi Indonesia dan Australia untuk membangun dan memperkuat hubungan kerja sama bilateral, termasuk kerja sama di bidang pertahanan,” ujar Prabowo di sela-sela pertemuan, Jumat (6/12).

Forum dialog, kata Prabowo, telah menjadi sarana bertukar perspektif serta berbagi informasi tentang isu-isu keamanan strategis terbaru yang berkaitan dengan kedua negara. Prabowo meyakini, dengan informasi terkini dan perspektif masalah keamanan strategis, kedua negara telah mampu mengatasi dan mengantisipasi tantangan keamanan bersama.

“Pengembangan kerja sama pertahanan bilateral antara Indonesia dan Australia telah terjalin dengan baik melalui forum dialog, pendidikan dan pelatihan, latihan bersama serta kunjungan pejabat dari kedua negara,” ujarnya.

Melalui upaya peningkatan kerja sama pertahanan ini, Prabowo menuturkan bahwa kedua negara ingin lebih meningkatkan kemampuan pasukan pemelihara perdamaian. “Ini bisa melalui kerjasama pertukaran instruktur pasukan pemelihara perdamaian,” ucap menhan.

Selain itu, Prabowo juga meningkatkan kerja sama produktif lainnya seperti kerjasama di bidang pendidikan, pertukaran kunjungan, patroli terkoordinasi, dan latihan bersama antar angkatan ersenjata kedua negara. “Ini juga menunjukkan pencapaian luar biasa, serta berkontribusi secara signifikan pada penguatan hubungan persahabatan antara Indonesia dan Australia di bidang pertahanan,” ucapnya. (AIJ)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here