Mahmoud Abbas Memprotes Pembukaan Rumah Sakit Lapangan AS di Gaza

Pembangunan rumah sakit lapangan di jalur Gaza dekat persimpangan Erez (Time of Israel)

Indonesiainside.id, Ramallah-Presiden Otoritas Palestina (PA) Mahmoud Abbas  hari Jumat mengatakan ia tidak akan mengizinkan rumah sakit lapangan AS di Jalur Gaza, lapor kantor berita Turki Anadolu.

“Langkah-langkah seperti itu menunjukkan bahwa Perjanjian Abad ini sedang diwujudkan bagian demi bagian,” katanya pada pertemuan Organisasi Pembebasan Palestina (PLO) di sini.

Traktat Abad Ini adalah rencana Presiden Donald Trump untuk mencapai perdamaian antara Palestina dan Israel.

Rumah sakit Friend Ships,  yang akan dibuka di Gaza utara dekat perbatasan Israel,  dibangun oleh kelompok bantuan Kristen Evangelis asal AS,  menjadi sumber kontroversi bagi kepemimpinan Palestina yang berbasis di Ramallah dan pejuang Hamas yang mengendalikan daerah kantong pantai itu.

Selama beberapa bulan terakhir, truk-truk yang membawa bahan dan peralatan untuk rumah sakit telah memasuki Gaza, yang menderita karena infrastruktur kesehatan yang tidak memadai. Sekarang sukarelawan Amerika yang berafiliasi dengan Friend Ships,  telah mulai membangun fasilitas medis yang berdekatan dengan penyeberangan Erez, satu-satunya jalur pejalan kaki antara Israel dan daerah kantong pantai.

Gambar yang diposting di Facebook pekan lalu menunjukkan para relawan mendirikan tenda tidak jauh dari penghalang yang memisahkan Israel dan Jalur Gaza.

Pembangunan rumah sakit adalah salah satu bagian dari pemahaman gencatan senjata tidak resmi antara penjajah dan kelompok-kelompok pejuang di Gaza, yang diprotes pemimpin Palestina yang berbasis di Ramallah.

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here