Sanna Marin Pecahkan Rekor PM Termuda di Dunia

Sanna Marin

Indonesiainside.id, Helsinki-Finlandia memecahkan rekor dengan memilih Perdana Menteri termuda di dunia dan seorang perempuan, Sanna Marin (34).

Selain itu, negara ini juga akan memiliki Menteri Keuangan termuda di dunia, Katri Kulmuni (32).

Surat kabar terbesar di Finlandia, Helsingin Sanomat dan tabloid Ilta-Sanomat menyatakan Marin sebagai perdana menteri termuda di dunia. Sementara PM Selandia Baru Jacinda Ardern berusia 39 tahun saat terpilih. PM Ukraina Oleksiy Honcharuk 35 tahun saat dilantik. Sementara, Kim Jong Un, pemimpin Korea Utara berusia 35 tahun saat menjadi pemimpin.

Perkembangan luar biasa terjadi, menyusul pergolakan politik yang berasal dari kegagalan pemerintah sebelumnya untuk mengendalikan pemogokan pekerja pos.

Dipahami bahwa Partai Tengah telah mengumumkan bahwa mereka kehilangan kepercayaan terhadap mantan Perdana Menteri Partai Sosial Demokrat, Antti Rinne.

Lima partai kuat dengan empat dari mereka dipimpin oleh perempuan telah membuat keputusan untuk tetap dalam koalisi dan melanjutkan program yang sama, tetapi reformasi kabinet akan berlangsung.

“Kami ingin memastikan koalisi perdana menteri dan menteri keuangan efektif. Ini adalah dasar dari kolaborasi generasi baru, “kata Kulmuni dikutip Reuters.

Popularitas Marin meningkat pesat sejak menjadi kepala dewan kota Tampere, di kota asalnya, ketika usianya 27 tahun.

Namun, Marin, yang juga mantan menteri transportasi ini, tidak berkomentar. Dia akan menangani pemogokan yang mempengaruhi produksi banyak perusahaan terbesar di negara itu.

Menurut perkiraan oleh Konfederasi Industri Finlandia, pemogokan akan menghasilkan kerugian 550 juta Dolar AS dalam pendapatan, kutip  Reuters. (CK)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here