PM Kanada: Iran Tembak Pesawat Komersial Ukrania

Indonesiainside.id, Toronto – Setelah Presiden Amerika Donald Trump menuduh Iran yang menembak pesawat komersial Ukraina, kini ganti Kanada. Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau mengatakan hal serupa.

Justin Trudeau mengatakan, sumber-sumber intelijen menunjukkan Iran menembak jatuh pesawat Ukraina dan menewaskan 176 orang, pada Rabu (8/1) pagi.

Trudeau mengeluarkan pernyataan tersebut setelah muncul video yang tampaknya menunjukkan saat pesawat penumpang itu terkena tembakan rudal, kutip VOA News, Sabtu(11/1).

Video dan berbagai rekaman TV lainnya yang dipasang di media sosial semakin menunjukkan adanya kesalahan besar yang dilakukan oleh sistem pertahanan udara Iran dalam musibah pesawat Boeing 737 Ukraina itu.

Video, yang menurut harian New York Times sudah diverifikasinya, menunjukkan sebuah benda bergerak cepat di angkasa sebelum tampak sebuah kilatan cahaya yang terang. Beberapa detik kemudian terdengar suara ledakan.

Trudeau, yang mengutip informasi dari sekutu-sekutunya dan juga dari dinas intelijen Kanada sendiri. Mereka mengatakan pesawat itu sepertinya ditembak jatuh dengan menggunakan rudal darat ke udara.

“Kami tahu, ini mungkin dilakukan dengan tidak sengaja, tetapi warga Kanada punya banyak pertanyaan yang harus dijawab,” kata Trudeau kepada wartawan.

Pihak Iran hingga kini masih bersikukuh bahwa pesawat itu jatuh karena kerusakan mesin. Mereka juga mengamankan kotak hitam pesawat dan menyebutnya perangkat yang merekam detik-detik penerbangan itu rusak.(EP/Voa)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here