Otoritas Iran Penjarakan Pengunggah Video Pesawat Ukraina yang Ditembak

Gambar detik-detik pesawat Ukraina jatuh setelah ditembak (Twitter)

Indonesiainside.id, Teheran – Individu yang diyakini telah merekam video yang menunjukkan pesawat Ukraina ditembak jatuh oleh rudal dilaporkan telah ditahan oleh otoritas Iran.

Menurut sebuah laporan oleh Fars News Agency, individu yang membagikan video 752 pesawat ditangkap oleh Korps Pengawal Revolusi Islam Iran (IRGC).

Laporan tersebut juga menyatakan bahwa hasil investigasi dari individu yang tidak disebutkan namanya akan dipublikasikan.

Video 45 detik yang diunggah oleh pengguna Twitter @IranianPatriot menjadi terkenal di media sosial Twitter ketika menarik perhatian warga, terutama warga Iran.

Rekaman itu menunjukkan benda besar dengan api menyala perlahan turun ke tanah dan akhirnya runtuh menyebabkan ledakan besar.

Sebelumnya, Teheran menolak tuduhan menembak jatuh pesawat penumpang ini. Namun sejak pengakuan resminya disampaikan ke publik, masyarakay Iran turun jalan untuk melakukan aksi protes yang sudah berjalan tiga hari ini.

Hari Selasa, Iran mengumumkan penangkapan pelaku penembakan pesawat Ukraina tidak lama setelah Presiden Iran meminta pembentukan pengadilan khusus untuk menyelidiki kasus tersebut.

Dalam pidato yang disiarkan televisi di Iran, Selasa (14/1), Presiden Hassan Rouhani mengumumkan pembentukan pengadilan khusus.

“Kehakiman harus membentuk sebuah pengadilan khusus dengan hakim terkemuka dan puluhan pakar. Ini bukanlah kasus biasa. Seluruh dunia akan menyaksikan pengadilan ini,” katanya.

Pesawat Boeing 737 Ukraina jatuh di luar Teheran tidak lama setelah keberangkatannya pada hari Rabu, beberapa jam setelah Iran meluncurkan rudal di dua pangkalan militer AS di Irak. (CK)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here