Tim SWAT Irak Tangkap ‘Jabba the Hutt’-nya ISIS

Shifa al-Nima atau dijuluki 'Jabba the Hutt' (MEMO)

Indonesiainside.id, Mosul-Seorang pria yang dijuluki ‘mufti Daesh’ ditangkap aparat keamanan di Irak harus diangkut dengan truk akibat memiliki berat badan yang tidak biasa alias obesitas.

Shifa al-Nima atau dijuluki ‘Jabba the Hutt’ karakter tokoh fiksi dalam film Star Wars, ditahan otoritas Irak setelah ia diyakini bersembunyi di Mosul.

Pria yang juga dikenal sebagai Abu Abdul-Bari ini dikatakan telah mengeluarkan fatwa yang menyebabkan beberapa ulama ditangkap selain penghancuran beberapa makam bersejarah di kota itu.

Al-Nima memiliki berat badan 135 kilogram, dikatakan sebagai salah satu pemimpin ISIS yang disegani. Karena berat badannya, pria yang ditangkap tim SWAT, elit Irak dari resimen Nineveh di Kota Mosul ini harus diangkut dengan cara dimasukkan ke dalam truk pick-up.

Al-Nima dianggap sebagai salah satu tangkapan terbesar di antara kepemimpinan Daesh dalam beberapa bulan terakhir, karena posisinya sebagai otoritas keagamaan tertinggi.

Pengkhotbah terkenal itu juga terkenal dalam anjurannya karena menghancurkan warisan budaya Mosul, khususnya masjid kuno dan makam Nabi Yunus di Mosul, memicu kemarahan dan kecaman di dunia Islam yang lebih luas, kutip Middle East Monitor (MEMO).

Penafsiran sesat Daesh tentang Islam menganggap monumen bersejarah sebagai berhala. Media menggambarkan penduduk setempat memiliki “kenangan mengerikan” tentang Al-Nima.

Seorang tentara Inggris yang berperang melawan ISIS di Suriah, Macer Gifford melalui Twitter, mengatakan: “Saya senang ‘Jabba the Hut ISIS’ telah ditangkap. Dia bertanggung jawab atas penahanan pria, wanita dan anak-anak. Dia juga memperkosa dan membunuh.” (CK)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here