Turkish Airlines Pecahkan Rekor Bersejarah, Mempekerjakan 211 Pilot Perempuan

Turkish Airlines (THY) memecahkan rekor sepanjang sejarah, memiliki 211 pilot perempuan tahun ini (Hurriyet)

Indonesiainside.id, Ankara-Turkish Airlines (THY) memecahkan rekor sepanjang sejarah dalam hal jumlah pilot perempuan, dengan peningkatan tiga puluh lima kali lipat dari hanya enam pada tahun 2006 menjadi 211 pada tahun ini, kutip Daily Sabah.

Pilot perempuan menerbangkan setiap jenis pesawat, dari penerbangan jarak pendek dan panjang. THY telah menjadi salah satu maskapai penerbangan dengan pilot perempuan terbanyak di dunia, mempekerjakan 39 kapten dan 172 petugas pertama, termasuk yang saat ini menerima pelatihan. Pilotnya bersumber dari Turki sendiri dan seluruh dunia.

Bedriye Tahir Gökmen menjadi pilot perempuan Turki pertama dalam sejarah penerbangan Turki pada 1930-an, diikuti oleh Sabiha Gökçen, salah satu putri adopsi Mustafa Kemal Atatürk, yang menjadi pilot tempur perempuan pertama di dunia pada tahun 1936. Namun, tidak akan sampai tahun 1993 saat itu, pilot perempuan mulai bergabung dengan maskapai penerbangan komersial di Turki, ketika Emel Arman menjadi pilot perempuan pertama dan kapten perempuan pertama di Turkish Airlines.

 

Pada tahun 1997, duduk di kursi perwira pertama di pesawat Airbus 340, Arman menyeberangi Samudra Atlantik ke Kota New York, menjadi pilot perempuan Turki pertama yang melintasi lautan.

Setelah pelatihan penerbangan, yang sebelumnya hanya tersedia di Angkatan Udara Turki, akhirnya setelah berlaku untuk warga sipil, pilot perempuan mulai memasuki dunia penerbangan sipil Turki.

Selin Sevimli, Didem Bayrakdar dan İrem Poyraz, hanya beberapa pilot perempuan THY, meminta lebih banyak rekan perempuan untuk menjadi kapten dalam sebuah pernyataan yang disampaikan kepada Kantor Berita Demirören (DHA) hari Sabtu.

Sevimli memutuskan untuk menjadi pilot ketika dia melihat seorang kapten perempuan di kokpit ketika dia masih sekolah menengah dan melanjutkan untuk belajar di Universitas Anadolu sebelum memulai karir dengan Turkish Airlines yang telah membentang delapan tahun.

“Di tahun-tahun sekolah menengah saya, itu benar-benar memengaruhi saya ketika saya mempelajari lingkungan saya dan melakukan penelitian tentang profesi. Kemudian, saya mengetahui bahwa Universitas Anadolu memiliki departemen piloting,” kata kapten Boeing 737 THY yang berusia 29 tahun. “THY adalah perusahaan yang sangat penting dan pembawa bendera. Saya bangga membawa bendera kami ke seluruh penjuru dunia dan terbang dengan Turkish Airlines.”

Kapten THY, yang suaminya juga seorang pilot, menekankan bahwa meskipun ada peningkatan pilot perempuan baru-baru ini, beberapa penumpang masih bisa terkejut.

“Kadang-kadang, ketika mereka mendengar kami membuat pengumuman, beberapa penumpang menyampaikan keterkejutan dan kebahagiaan mereka kepada awak kabin kami, yang, tentu saja, membuat kami sangat bahagia,” katanya.

“Penumpang yang kami temui setelah penerbangan selalu menjadi sumber motivasi ketika mereka mengekspresikan kebahagiaan dan emosi mereka.” (CK)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here