Petinggi Hamas Ismail Haniyah Bertemu Mahathir Bahas Perjuangan Palestina

Dr Mahathir Mohamad dan Ismail Haniyah (ShehabNews)

Indonesiainside.id, Petaling  Jaya-Kepala Biro Politik Gerakan Perlawanan Islam (Hamas) Ismail Haniya bertemu dengan Perdana Menteri Dr Mahathir Mohamad di Putrajaya hari Rabu (22/1) untuk membahas dukungan lebih lanjut untuk perjuangan Palestina.

“Perdana Menteri Tun Dr Mahathir Mohamad menyambut pemimpin Hamas Ismail Haniyah di Perdana Putra, Putrajaya,” kata akun twitter Jabatang Penerangan hari Rabu (22/1).

Seorang petugas di kantor Perdana Menteri mengonfirmasi bahwa pertemuan telah diatur.

Organisasi Budaya Palestina Malaysia (PCOM) juga mengatakan pertemuan tertutup dengan Mahathir dan para pemimpin lainnya akan diadakan akhir pekan ini, kutip Freemalaysia.

Ismail Haniyah tiba di Kuala Lumpur pada hari Selasa.

Pada akhir Mei 2019, sebuah delegasi Hamas yang dipimpin oleh mantan kepala kantornya, Khaled Meshaal, telah bertemu dengan Mahathir dan para pemimpin pemerintahan dan oposisi lainnya.

Kelompok itu juga bertemu dengan Menteri Dalam Negeri Muhyiddin Yassin, Menteri Pertahanan Mohamad Sabu, dan para pemimpin oposisi seperti presiden Umno Ahmad Zahid Hamidi dan presiden PAS Abdul Hadi Awang.

Dilaporkan bahwa mereka telah membahas nasib rakyat Palestina di Jalur Gaza di bawah rezim penjajah Israel dan merencanakan hubungan bilateral aktif antara pemerintah Malaysia dan Palestina, dengan fokus membangun hubungan dengan Hamas pada khususnya.

Mahathir dikenal sebagai pembela masalah Palestina dan secara terbuka menentang pemerintah Israel dalam berbagai forum internasional, yang terakhir adalah pidatonya di Majelis Umum PBB September lalu.

Hamas telah menjadi penguasa de facto di Jalur Gaza sejak mereka menguasai wilayah itu dalam sebuah kemenangan pemilihan umum tahun 2007.

Hamas adalah salah satu saya pembebasan Palestina yang paling ditakuti Zionis-Israel dan sampai hari ini memiliki kemampuan membuat rudal. (CK)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here