Gempa Dahsyat Landa Turki, Sementara Sudah 14 Orang Tewas

Turki diguncang gempa dahsyat.

Indonesiainside.id, Turki– Turki dilanda gempa dahsyat, berkekuatan 6,8 magnitudo. Gempa yang memporak-porandakan Kota Sivrice yang terletak di bagian timur Turki itu untuk sementara telah menewaskan 14 orang.

Gempa ini terjadi hari Jumat (24/1) waktu setempat. Pusat gempa berada di Kota Sivrice, sebuah kota indah di tepi danau, berada di Provinsi Elazig timur.

Gempa itu meruntuhkan bangunan yang ada, dan membuat panik penduduk. Mereka semburat berlarian keluar rumah, dan memenuhi jalan-jalan yang lapang.

Menurut Melahat Can (47), penduduk setempat pada AFP, Sabtu (25/1/2020), saat gempa itu terjadi, suasananya mencekam. Semuanya bergoyang dan bangunan-bangunan ambruk.

“Mencekam, semua benda berjatuhan, dan kami berlarian keluar rumah,” katanya.

Menurut badan manajemen bencana dan darurat pemerintah Turki (AFAD), gempa itu melanda Sivrice sekitar pukul 20.55 waktu setempat.

Korban berjatuhan di Provinsi Elazig, ditemukan delapan orang tewas, dan di Provinsi Malatya enam orang. Ini provinsi yang di barat daya.

Negara Turki memang terletak di garis patahan utama, ini yang menyebabkan negara ini rentan terhadap gempa bumi. Gempa sangat sering terjadi.

Meenurut AFAD, setelah gempa besar itu, sudah ada 60 gempa susulan. Dan untuk mengevakuasi penduduk yang terlanda bencana, sejak hari Jumat kemarin, lebih dari 400 tim penyelamat diterjunkan ke daerah-daerah yang terlanda musibah.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here