Gempa Turki, 18 Orang Tewas

Masyarakat melihat bangunan runtuh di Kota Elazig di utara Turki, Jumat (24/1). Foto: ctvnews

Indonesiainside.id, Sivrice – Gempa bumi yang melanda Turki timur pada Jum’at (24/1) pukul 20:55 waktu setempat telah memakan korban sebanyak 18 orang dan ratusan orang luka-luka. Gempa tersebut berkekuatan 6,8 yang berpusat di Kota Sivrice di Provinsi Elazig.

Dikutip dari kantor berita Prancis, Agence France-Presse (AFP), gempa tersebut juga terasa hingga negera tetangga, yaitu Suriah, Lebanon, dan Iran. Menurut otoritas Manajemen Bencana dan Darurat Turki (AFAD), terhitung sebanyak 60 kali gempa susulan pasca gempa tersebut.

Gubernur Provinsi Elazig, Cetin Oktay Kaldirim, mengatakan sudah mengirim lebih dari 400 tim penyelamat yang sedang menuju daerah Sivrice. “Mereka akan datang dengan tempat tidur dan tenda bagi korban yang masih terlantar. Kami juga memperingatkan orang-orang untuk tidak kembali ke bangunan yang rusak jika terjadi gempa susulan,” ucapnya.

Adapun menurut informasi, Kota Sivrice ada di sekitar 550 km atau 340 mil timur ibukota Ankara. Sebuah daerah yang juga terpencil dan berpenduduk sedikit, sehingga menurut Cetin, rincian kerusakan dan kematian menjadi lambat untuk terkonfirmasi.

“Kami juga sudah mengirim bantuan berupa tenda dan selimut. Suhu disana pada malam hari bisa turun hingga di bawah nol derajat,” kata Cetin. (PS)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here