Petisi ‘Tolak Wisatawan Cina’ Beredar di Malaysia

Indonesiainside.id, Petaling Jaya – Sebuah petisi telah dimulai di change.org mendesak Putrajaya segera melarang warga negara Cina memasuki negara Malaysia, setelah wabah virus corona yang telah merenggut 56 nyawa.

Petisi, dimulai oleh seorang bernama Muhammad Zaid Yusran Mohd Zaid ini telah mendapatkan dukungan lebih dari 190.000 tanda tangan pada pukul 11.50 pagi.

Petisi berisi desakan kepada pemerintah untuk memprioritaskan kesehatan warga Malaysia.

“Jangan menunggu sampai ada kematian di antara orang Malaysia dan baru kemudian mengambil tindakan pencegahan,” demikian petisi itu berbunyi.

Sebelumnya, kementerian kesehatan mengkonfirmasi kasus keempat di Malaysia dari virus mirip SARS.

Keempat korban berasal dari Tiongkok dan dilaporkan dalam kondisi stabil.

Virus mirip SARS telah menginfeksi lebih dari 1.400 orang di seluruh dunia – sebagian besar di Cina.

Kemarin, pihak berwenang Filipina dilaporkan telah mengirim kembali sekitar 500 turis Tiongkok dari Wuhan di tengah kekhawatiran merebaknya virus mematikan itu.

Penasihat media dan komunikasi Perdana Menteri Dr Mahathir Mohamad A Kadir Jasin mendesak pemerintah negara bagian untuk melakukan hal yang sama.

“Tidak ada pengunjung dari daratan (Cina) sampai penyakit ini terkendali. Tiongkok seharusnya menderita akibat kebiasaan makannya yang aneh, ”katanya di Facebook dikutip Freemalaysiantoday.

Namun Mahathir sendiri mengatakan belum ada rencana untuk membatasi atau meninjau visa wisatawan Tiongkok tetapi mereka akan diawasi secara ketat saat kedatangan. (CK)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here