Tentara Turki Salurkan Bantuan untuk Pencari Suaka di Perbatasan Yunani

Seorang anak menangis ketika berjalan bersama ibunya di Pazarkule, Turki, saar mereka dan para pengungsi lainnya berusaha untuk menyebrang ke Yunani/Toronto Star

Indonesiainside.id, Edirne-Tentara Turki menyalurkan bantuan pemerintah kepada para migran pencari suaka yang menunggu di perbatasan Turki-Yunani selama 14 hari untuk menyeberang ke Eropa. Otoritas Turki membagikan makanan tiga kali sehari untuk para pencari suaka.

Sejumlah pencari suaka juga masih terus menunggu di daerah pepohonan di zona penyangga (buffer zone). Di lokasi yang merupakan gerbang perbatasan Turki-Yunani ini mereka masih berharap Yunani akan membuka gerbangnya.

Turki berusaha memenuhi kebutuhan dasar para pengungsi melalui koordinasi Direktorat Migrasi Provinsi Edirne. Termasuk membagikan makanan kepada para pencari suaka tiga kali sehari.

Pasukan Turki juga turut bermain dan merawat anak-anak para pengungsi selama waktu makan.  Sikap Turki membantu anak-anak para pengungsi dianggap menghangatkan hati siapa pun yang melihatnya.

Kemudian prajurit Turki menyerahkan anak-anak itu kepada ibu mereka yang datang untuk memberi makan kepada anak mereka. Para pecari suaka masih terus berusaha memasuki tanah Yunani lewat jalur sungai. Mereka menunggu pada malam hari untuk melanjutkan upaya penyeberangan mereka lewat daerah pedesaan.

Di sisi lain, polisi Turki juga melakukan operasi patroli 24 jam di sungai itu untuk berjaga-jaga bila seandainya ada tindakan kekerasan atau pengembalian paksa oleh Yunani.

Berbeda dengan Turki, pasukan Yunani justru kerap menyemprotkan air bertekanan tinggi, menembakkan gas, bom airmata, dan kadang tak segan menggunakan peluru tajam. Tindakan Yunani ini  dilakukan untuk menghalangi para pencari suaka yang berusaha memasuki wilayahnya. (CK/AA)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here