Cina Tuding Militer AS Sebar Virus Corona ke Wuhan

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Cina, Zhao Lijian. Foto: Twiter

Indonesiainside.id, Beijing – Perseteruan Cina dengan Amerika Serikat (AS) ternyata merembet ke masalah virus corona (covid-19). Melalui akun Twitter, juri bicara Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Cina, Zhao Lijian, menuduh keberadaan virus corona di Wuhan, Provinsi Hubei, Cina, karena dibawa oleh militer AS.

Zhao meyakini hal itu. “Sungguh sangat mengejutkan. Ini mengubah banyak hal yang dulu saya percaya,” kata Zhao, Jumat (13/3).

Memang, militer AS sempat berada di Wuhan saat acara permainan dunia militer internasional. Acara itu digelar pada Oktober tahun lalu. Ada lebih dari 100 negara yang ikut serta.

“Mungkin militer AS yang membawa epidemi itu ke Wuhan. Berapa pasien yang terinfeksi? Apa nama rumah sakit itu? AS yang tahu,” ujar Zhao.

Tudingan juru bicara Kemenlu Cina itu mendapat dukungan warganya. Sekitar 4,7 juta orang membaca twit itu. Bahkan banyak pula yang memujinya.

Virus flu ganas yang menyerang paru-paru itu mulai menyerang warga Wuhan pada Desember 2019. Kini corona telah tersebar pada 118 negara. Jumlah yang terinfeksi sektar 130.00 orang. Adapun jumlah korban meninggal sudah mencapau 1.300 orang.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menetapkan wabah ini sebagai pandemi. Sampai sekarang belum ada kepastian asal-usul virus tersebut. (AS)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here