WHO: Virus Corona Dapat Dikendalikan

Kepala WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus. Foto: ist

Indonesiainside.id, Jenewa – Badan Kesehatan Dunia (WHO) menegaskan bahwa virus corona yang sekarang telah ditetapkan sebagai pandemi global itu merupakan hal yang dapat dikendalikan.

Kepada para diplomat Internasional di Jenewa, Kepala WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus menyebutkan bahwa virus corona sebagai pandemi bukan berarti negara-negara harus menyerah.

“Mari kita perjelas, penjelasan kami tentang (virus) sebagai pandemi tidak berarti bahwa negara-negara harus berhenti berjuang melawannya,” kata Ghebreyesus.

“Anggapan bahwa negara-negara harus beralih dari penahanan ke mitigasi adalah salah dan berbahaya,” lanjut dia.

Ghebreyesus menggarisbawahi sebaliknya, negara-negara harus berjuang dua kali lebih banyak untuk mencegah penyebaran virus.

“Ini adalah pandemi yang dapat dikendalikan. Negara yang akan menyerah pada dasar-dasar kesehatan masyarakat dapat menimbulkan masalah yang lebih besar dan beban yang lebih berat pada sistem kesehatan yang lebih sulit untuk dikendalikan.” ujarnya.

Ghebreyesus mengatakan meski sudah sering diperingatkan, WHO prihatin kepada beberapa negara yang tak melakukan pendekatan terhadap ancaman ini dengan komitmen politik yang diperlukan untuk mengendalikannya.

Presiden Dewan HAM PBB Elisabeth Tichy-Fisslberger mengumumkan penangguhan sesi ke-43 karena virus corona, tak lama setelah Tedros berbicara. Menurut WHO, Jumlah kematian karena corona virus telah mencapai 4.600 dengan kasus lebih dari 125.000 di 118 negara.

Dalam dua minggu terakhir, kasus yang dilaporkan di luar Cina telah meningkat hampir 13 kali lipat dengan jumlah negara yang terkena dampak hampir tiga kali lipat.

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here