Wilayah Perlis Malaysia Ganti Salat Jum’at dengan Zuhur di Rumah

Masjid Negeri Arau adalah masjid agund di Negeri Perlis Malaysia. Foto: Google Maps

Indonesiainside.id, Perlis – Otoritas pemerintah daerah Perlis Malaysia, Dewan Agama Islam, dan Adat Istiadat Melayu Perlis (MAIPs) menyarankan agar wilayahnya segera membuat kebijakan untuk menggantikan shalat Jum’at dengan shalat Dzuhur di rumah masing-masing. Putra Mahkota Perlis, Syed Faizuddin Putra Jamalullail, dalam sebuah pernyataan mengatakan sudah memberikan saran tersebut kepada Raja Perlis, Syed Sirajuddin Putra Jamalullail.

Faizuddin mengatakan, Syed Sirajuddin sudah memberikan persetujuannya atas saran tersebut. Selain mendapat saran dari Raja Perlis, saran tersebut juga sudah mengantongi izin dari pihak Kementerian Kesehatan Malaysia (KKM) dan menerima panduan pelaksanaan dari Komite Fatwa Negeri Perlis.

“Syed Putra Jamalulail telah memutuskan bahwa shalat Jumat di seluruh negara bagian Perlis pada 13 Maret 2020 akan digantikan oleh Shalat Saturnus (Dzuhur) di rumah mereka,” ucap Sirajuddin dalam pernyataannya dilansir dari malaysiakini.com, Jum’at (13/3).

Dia juga menghimbau kepada KKM agar meminta masyarakat menghindari pertemuan berskala besar, termasuk kegiatan keagamaan. “Karena itu, manajemen masjid di seluruh negara bagian Perlis harus menahan diri dari melakukan kegiatan perakitan publik skala besar saat ini,” ujarnya.

Hingga saat ini, Malaysia telah mencatat 158 kasus infeksi dari virus corona atau Covid-19. Saran serupa juga sudah direncanakan oleh Menteri di Departemen Perdana Menteri (Urusan Agama), Zulkifli Mohamad, mengatakan bahwa jika wabah tersebut telah mencapai tingkat yang tidak terkendali, salat Jumat dapat digantikan oleh salat Zuhur di rumah.

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here