WHO: Eropa Kini jadi Pusat Baru Pandemi Virus Corona

Kepala WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus. Foto: ist

Indonesiainside.id, Jenewa- Eropa telah menjadi “pusat wabah baru” pandemi virus corona, kata kepala Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Jumat (13/3). WHO mengatakan lebih banyak kasus virus korona dilaporkan di Eropa setiap hari daripada yang dilaporkan di Cina.

Pernyataan ini disampaikan Kepala WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus dalam pidato virtualnya dari kantor organisasi kesehatan dunia itu. Dalam pidatonya, Tedros didampingi pejabat WHO lainnya yang juga ikut hadir.

“Eropa memiliki lebih banyak kasus virus korona yang dilaporkan setiap hari daripada yang dilaporkan di Cina pada puncak epidemi,” kata Tedros.

Lebih dari 132.500 kasus virus corona telah dilaporkan di 132 negara dan wilayah, dengan lebih dari 5.000 kematian, menurut WHO.

Tedros mengakui bahwa meskipun COVID-19 telah menarik perhatian dunia, ada banyak masalah kesehatan yang masih dihadapi orang setiap hari.  Masalah kesehatan yang ia maksudkan adalah melahirkan, malaria, HIV, AIDS, dan banyak lainnya.

Penyakit ini dapat terjadi di negara mana saja dan itu adalah “musuh bersama,” kata Tedros. Negara-negara perlu “mendeteksi, melindungi dan merawat” untuk memutus rantai transmisi, ia mendesak. (CK/AA)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here