343 LSM Iran Tuntut Penghapusan Sanksi AS

Logo PBB (ilustrasi). Foto: Istimewa

Indonesiainside.id, Jakarta–Sebanyak 343 Lembaga Swadaya Masyarakat atau non-pemerintah (NGO) menulis surat yang ditujukan untuk Sekretaris Jenderal PBB, Antonio Guterres. Mereka menuntut untuk menghapus sanksi Amerika Serikat (AS) kepada Iran.

Dalam surat itu, organisasi-organisasi yang beberapa di antaranya berstatus konsultatif PBB memperingatkan dunia bahwa nyawa orang-orang Iran telah berada dalam bahaya karena sanksi ekonomi AS. Iran menghadapi sanksi ekonomi AS ketika negara itu tengah berjuang ditengah perang pandemi virus corona yang menjadikan Iran negara episentrum virus di Timur Tengah.

Sebelumnya, Duta Besar Tetap Iran untuk PBB di New York, Majid Takht Ravanchi, mengatakan desakan AS untuk menjatuhkan sanksi tidak hanya membahayakan warga Iran tetapi juga dunia. Dilansir dari media lokal, IRNA, mereka mendesak PBB untuk menggunakan kekuatan dan posisi terhormatnya untuk memberikan perhatian khusus kepada situasi Iran yang sedang berhadapan dengan pandemi Covid-19 dan sanksi AS.

“Tindakan sepihak AS terhadap rakyat Iran, telah menempatkan masing-masing dan setiap orang Iran pada risiko yang serius karena sanksi ekonomi yang tidak manusiawi,” tulis surat itu.

Dalam surat itu juga disebut, sejak pelantikan Donald Trump sebagai Presiden AS, Iran telah menerima serangkaian tindakan pemaksaan termasuk sanksi keuangan, teknis, dan kemanusiaan. Mereka menuntut PBB karena dianggap tidak melakukan langkah-langkah efektif untuk menyelamatkan nyawa Iran.

“Disatu sisi PBB menganggap hal yang dilakukan AS adalah ilegal, tapi PBB dan masyarakat internasional tidak melakukan apapun,” lanjut isi surat itu.

Lembaga-lembaga Iran juga menceritakan sanksi sepihak AS menyebabkan dokter, perawat, pakar kesehatan, dan pekerja kesehatan di Iran terus kehilangan nyawa karena kurangnya peralatan medis dan farmasi. “Penyakit pandemi ini juga sangat membahayakan ekonomi dan produksi dalam negeri dan efek negatif yang semakin menekan kelompok sosial yang rentan,” ucap mereka.

Mereka berharap, dengan upaya ini, masyarakat internasional dapat tepat waktu mengambil tindakan untuk mengurangi dan mencabut semua sanksi AS terhadap Iran. Mereka mempercayai jika hal itu dapat dilakukan, dapat menghentikan krisis kemanusiaan di Iran dalam waktu dekat. (SD)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here