AS Perintahkan Keluarga Staf Kedubes di Indonesia Pulang

kedubes as di jakarta
Kantor Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta. Foto: Istimewa.

Indonesiainside.id, Jakarta – Perkembangan wabah virus corona (covid-19) di Indonesia menimbulkan kekhawatiran bagi Amerika Serikat (AS). Demi keselamatan warganya, AS memerintahkan keluarga staf Kedutaan Besar AS di Indonesia yang berusia di bawah 21 tahun agar meninggalkan Indonesia.

Perintah itu juga ditujukan bagi keluarga staf Konsulat Jenderal AS di Medan, Surabaya, dan kenator US-ASEAN di Jakarta. Seruan itu tertuang dalam situsweb resmi Kedubes AS di Indonesia, Kamis (26/3), di Jakarta.

Selain perkembangan wabah corona yang terus meluas, dua hal lain menjadi alasan AS untuk membuat kebijakan ini. “Departemen Luar Negeri AS membuat keputusan ini setelah melihat kapasitas medis Indonesia dan ketersediaan penerbangan dari Indonesia,” urai keterangan tersebut.

Saat ini di AS ada 81.321 kasus corona. Ini melebihi Cina yang sebanyak 81.285 dan Italia dengan 80.539 kasus. Sedangkan di Indonesia telah ada 893 kasus virus corona.

Mereka yang terkena seruan itu diminta untuk segera kembali ke AS. Pengecualian diberikan pada mereka yang secara finansial siap untuk tinggal di negara lain lebih lama. Warga AS yang akan meninggalkan Indonesia diperintahkan untuk mengatur penerbangan segera lantaran amat terbatasnya rute penerbangan saat ini.

AS mengharuskan warganya mendaftarkan rencana perjalanan di www.travel.state.gov dengan menggunakan Smart Traveler Enrollment Program (STEP). Khusus bagi yang ingin mengetahui detail wabah corona dari Kementerian Kesehatan Indonesia, mereka bisa mengubungi  nomor telepon +62-21-5210411 atau +62-82-12123119.

Untuk perkembangan global virus corona, info yang dianjurkan untuk diakses adalah situsweb CDC (Center for Desease Control and Prevention) atau Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat. Lembaga ini berkedudukan di Atlanta, Georgia, AS.

Pemerintah AS mengakui upaya Indonesia yang telah meningkatkan pemantauan dan karantina untuk mencegah perkembangan covid-19. Namun, kondisi wabah yang terus berkembang tetap menjadi perhatian. Mereka juga diminta memperhatikan pembatasan perjalanan yang dikeluarkan Indonesia dengan mengunjungi situsweb imigrasi Indonesia. (AS)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here