Turki Kirim Bantuan Medis ke Inggris untuk Perangi Covid-19

Foto: Anadolu

Indonesiainside.id, Ankara- Sebuah pesawat kargo militer Turki yang membawa pasokan medis bertolak ke Inggris pada hari Jumat (10/4). Pesawat digunakan membawa bantuan untuk melawan pandemi virus corona (Covid-19).

“Atas arahan Presiden Recep Tayyip Erdogan, pesawat Angkatan Bersenjata Turki yang akan mengangkut persediaan bantuan medis yang disiapkan oleh Kementerian Kesehatan Turki ke Inggris. Pesawat digunakan dalam perang melawan Covid-19 telah berangkat dari Etimesgut/Ankara,” kata Kementerian Pertahanan Turki melalui Twitter.

Pasokan bantuan medis juga membawa pesan untuk warga Inggris, dengan mengatakan: “Setelah putus asa, ada begitu banyak harapan dan setelah kegelapan, ada matahari yang jauh lebih terang. Rumi.”

Paket bantuan yang dibawa ke Inggris oleh Turki termasuk masker pelindung dan baju terusan.

Pada Rabu, Menteri Luar Negeri Inggris Dominic Raab mengucapkan terima kasih kepada Turki dalam percakapan telepon dengan Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu atas kiriman pasokan medis untuk membantu negara itu menangani pandemi virus corona. Raab mengatakan langkah itu merupakan indikasi persahabatan yang kuat antara kedua negara.

Turki juga mengirim bantuan medis ke lima negara Balkan termasuk Serbia, Bosnia dan Herzegovina, Montenegro, Makedonia Utara dan Kosovo pada Rabu, serta ke Italia dan Spanyol pekan lalu.

Sejak pertama kali muncul di Wuhan, China, pada Desember lalu, virus corona telah menyebar ke setidaknya 185 negara dan wilayah.

Menurut data yang dikumpulkan oleh Johns Hopkins University Amerika Serikat, lebih dari 1.6 juta kasus telah dilaporkan di seluruh dunia sejak Desember lalu, dengan angka kematian lebih dari 95.000 dan lebih dari 350.000 dinyatakan sembuh. (CK/AA)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here