Turki Tangkap Teroris Senior YPG / PKK

Tentara Turki (Asker Haber)

Indonesiainside.id, Ankara – Seorang teroris senior yang dicari oleh YPG / PKK ditangkap pada Jum’at pagi, (10/4). Dilansir dari Anadolu Agency, pejabat setempat mengatakan penangkapan tersebut terjadi dalam operasi kepolisian di Turki timur.

Teroris tersebut bernama Mahmut Oktay, yang ditangkap ketika terdapat sebuah kendaraan yang mencurigakan dihentikan di Provinsi Mus, di jalan utama, sebagai bagian dari operasi keamanan internal. Kementerian Dalam Negeri Turki mengatakan tersangka teroris sempat melepaskan tembakan dari dalam mobil.

Setelah itu terjadi tembakan balasan dari kepolisian sebelum teroris tersebut mengalami luka. Orang lain yang dicurigai membantu dan bersekongkol dengan terorisme PKK juga ditangkap.

Lebih dari 30 tahun kampanye terornya melawan Turki, PKK, yang terdaftar sebagai organisasi teroris oleh Turki, AS, dan Uni Eropa, bertanggung jawab atas kematian lebih dari 40.000 orang, termasuk wanita, anak-anak, dan bayi. PKK (Partiya Karkerên Kurdistanê) atau Partai Buruh Kurdistan yang berideologi Marxisme-Leninisme, didirikan pada tahun 1970-an. PKK dipimpin oleh Abdullah Öcalan yang kemudian ditangkap pada tahun 1999.

Sedangkan YPG merupakan milisi Satuan Perlindungan Rakyat (Yekîneyên Parastina Gel). YPG mengendalikan sebagian besar wilayah Rojava, yaitu wilayah Suriah utara yang didominasi oleh suku bangsa Kurdi. (CK/AA)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here