Warga Amerika Eksodus Besar-besaran dari Afsel

Indonesiainside.id, Cape Town – Ratusan warga Amerika Serikat (AS) dipulangkan dari Afrika Selatan seiring dengan wabah virus corona yang mulai melanda Benua Hitam.

“Sore ini, dua penerbangan untuk memulangkan warga AS sudah meninggalkan Afrika Selatan,” ujar pihak kedutaan besar AS dalam sebuah pernyataan mengitip Xinhua, Jumat (19/4).

Kedua penerbangan lepas landas dari Bandara Internasional Cape Town dan Bandara Internasional O.R. Tambo di Johannesburg, lanjut pernyataan tersebut.

“Kami mengantisipasi penerbangan ketiga yang berangkat dari Cape Town besok pagi. Bersama-sama, penerbangan yang seluruhnya menuju Washington DC ini, akan membawa 900 warga AS dari Afrika Selatan untuk kembali ke AS,” katanya.

Lebih lanjut, kedutaan AS menambahkan bahwa dalam operasi pemulangan tersebut, semua penumpang diperiksa oleh Otoritas Kesehatan Afrika Selatan untuk mendeteksi gejala Covid-19 sebelum menaiki pesawat.

Selain itu, semua personel bandara, maskapai penerbangan, serta misi diplomatik AS mengikuti seluruh protokol yang dianjurkan demi melindungi diri dan menjaga jarak.

Begitu tiba di AS, semua penumpang harus melakukan karantina secara mandiri selama 14 hari, sebut kedutaan itu.

Duta Besar AS untuk Afrika Selatan Lana Marks mengatakan Departemen Luar Negeri AS “telah memulangkan lebih dari 52.000 warganya, menggunakan lebih dari 519 penerbangan, dari 98 lebih negara.”(EP/xh)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here