Sebanyak 72.966 WNI Pekerja Migran di Malaysia Kembali ke Tanah Air

Sejumlah Warga Negara Indonesia (WNI) antre untuk mendaftar ketika proses repatriasi WNI di Bandar Udara Internasional Velana, Maldives, Jumat (24/4/2020). ANTARA FOTO/KBRI Colombo/zk/hp.

Indonesiainside.id, Jakarta – Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi, menyampaikan beberapa update informasi mengenai kembalinya WNI pekerja di Malaysia ke Indonesia. Hingga tanggal 10 Mei, Retno mengkonfirmasi ada sebanyak 72.966 WNI yang telah kembali ke Indonesia sejak pemberlakuan Movement Control Order (MCO) oleh Pemerintah Malaysia pada 18 Maret 2020.

“Mereka kembali melalui berbagai jalur. Mereka pulang dengan berbagai jalur, baik laut, darat, maupun udara,” ungkapnya dalam telekonferensinya, Senin (11/5).

Retno menyebut bahwa dari jumlah itu, WNI yang pulang melalui jalur laut sebanyak 65%, jalur darat 20%, dan jalur udara 15%. Selain itu, dia juga mengumumkan bahwa saat ini Pemerintah Malaysia kembali mengumumkan kebijakan MCO untuk yang keempat kalinya.

Namun, kata Retno, kebijakan kali ini dinamai CMCO atau Conditional Movement Control Order. “Kebijakan MCO seharusnya berakhir pada 12 Mei, namun diperpanjang menjadi 9 Juni,” ungkapnya.

Perpanjangan menjadi CMCO di Malaysia, diketahui melonggarkan beberapa pusat bisnis untuk dibuka kembali. Retno membeberkan industri seperti pertanian, perdagangan, jasa, dan konstruksi sudah diizinkan melakukan operasionalnya kembali.

“Kami juga melaporkan bahwa sampai kemarin, perwakilan Indonesia di Malaysia bersama dengan organisasi masyarakat di Indonesia telah membagikan sembako. Sembako sejumlah 334.369 paket untuk WNI di Malaysia yang paling terdampak karena pemberlakuan MCO,” jelas dia. (CK)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here