Slovenia Mengklaim Negara Eropa Pertama yang Kalahkan Virus Corona

Warga Slovenia mulai menikmatia cafe (Bloomberg)

Indonesiainside.id, Ljubljana– Slovenia mendeklarasikan dirinya sebagai negara Eropa pertama yang mengalahkan virus corona. Pemerintah negara Uni Eropa (UE) itu mengatakan bahwa penyebaran Covid-19 terkendali dan tidak ada lagi kebutuhan untuk tindakan kesehatan yang luar biasa.

“Hari ini Slovenia memiliki situasi epidemi terbaik di Eropa, yang memungkinkan kami membatalkan epidemi umum,” kata Perdana Menteri Janez Jansa, yang dilansir laman Fox News.

Slovenia mengatakan, penduduk UE bebas menyeberang ke Slovenia dari Italia, Austria, dan Hongaria di pos pemeriksaan yang ditentukan. Sementara sebagian besar warga negara non-UE harus menjalani karantina 14 hari wajib sevagai langkah besar bagi Slovenia dalam mempercepat pelonggaran pembatasan.

Bantuan keuangan untuk warga dan bisnis yang terkena dampak virus corona di Negara itu akan berakhir pada akhir bulan, lapor laman Reuters. Kasus virus corona pertama di Slovenia tercatat pada 4 Maret, bermula dari seorang penduduk yang kembali dari negara tetangga Italia. Epidemi nasional kemudian diumumkan pada 12 Maret.

Hingga saat ini jumlah infeksi yang dikonfirmasi di Slovenia, sebanyak 1.466 kasus, dan angka kematian hanya 104 orang. Angka infeksi harian tertinggi di Negara itu terjadi pada 27 Maret, dengan mencatatkan 70 kasus dalam 24 jam. Namun demikian, sejak 1 Mei, Slovenia tidak pernah mencatatkan infeksi harian lebih dari 10 kasus. Bahkan sejak sepekan terakhir, pemerintah hanya mengonfirmasi rata-rata 1 kasus per hari. (CK)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here