Muslim Italia di Prato Gelar Shalat Idul Fitri dan Doa Bersama di Taman Kota

Indonesiainside.id, Roma – Secara umum, komunitas Muslim di Italia memutuskan untuk tidak melaksanakan shalat Idul Fitri secara komunal. Namun, hal itu tidak menyurutkan semangat bagi umat Islam di Provinsi Prato, untuk menggelar satu-satunya shalat Idul Fitri secara kolektif di Italia tahun ini.

Untuk hari raya ini, shalat dilakukan di tempat terbuka, dengan partisipasi yang lebih kecil dari biasanya. Pertemuan di luar ruangan itu berlangsung di arena balap kota yang ditinggalkan di Prato, sebuah kota tekstil yang berjarak 30 km dari kota Florence.

Pada hari Minggu, Muslim Prato akan mengakhiri puasa Ramadhan dan berkumpul di taman bekas Hippodrome, untuk memungkinkan mereka beribadah dengan tetap mematuhi aturan jarak sosial.

Imam umat Islam di wilayah Prato, Najib Lamzouri, melaporkan bahwa sekitar dua ratus umat Muslim bergabung dengannya di atas rumput untuk shalat dan melafalkan doa bersama pada salah satu momen terpenting dalam Islam hari ini. Mereka yang hadir telah diperingatkan sebelumnya, bahwa wajib mengenakan masker dan harus menjaga jarak setidaknya dua meter dari yang lain.

Imam Najib Lamzouri mengatakan perayaan itu terdiri dari satu jam bacaan ayat-ayat Al-Qur’an, setelah salam terakhir Idul Fitri. “Fakta bisa merayakan akhir periode puasa dengan umat Islam lainnya tampaknya mengusir kenangan buruk terakhir dari kuncian,” jelas Lamzouri.

Kegiatan di luar ruangan pagi tadi, dimungkinkan melalui kesepakatan antara komunitas Islam setempat dan Simone Mangani, anggota dewan yang bertanggung jawab dalam pemerintahan kota.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here