Evariste Ndayishimiye dari Partai Berkuasa di Burundi Menangkan Pemilihan Presiden

Evariste Ndayishimiye

Indonesiainside.id, Rwanda — Kandidat partai yang berkuasa di Burundi memenangkan pemilihan presiden yang diadakan pekan lalu setelah memperoleh 68,72% suara, demikian hasil yang dikeluarkan hari Senin (25/5) oleh komisi pemilihan umum. Evariste Ndayishimiye dari CNDD-FDD memperoleh 68,72% suara, menurut komisi pemilihan umum.

Evariste Ndayishimiye datang pertama di antara tujuh kandidat, dengan penantang utama Agathon Rwanda dari oposisi Kongres Nasional untuk Kebebasan (CNL) mengumpulkan 24,19% suara.  Ndayishimiye adalah kandidat yang lebih disukai dari Presiden yang telah duduk selama 15 tahun, Pierre Nkurunziza.

Seorang pensiunan jenderal, Ndayishimiye adalah bagian dari gerakan pemberontak Nkurunziza selama perang saudara di negara itu dari tahun 1993 hingga 2005 yang menewaskan sekitar 300.000 orang. Dia berjanji sebelum pemilihan untuk mendengarkan semua suara dan melayani semua rakyatnya.

Lebih dari 5 juta orang mengambil bagian dalam jajak pendapat di mana pemilih juga memilih Anggota Parlemen. Hasil awal menunjukkan kemenangan untuk Ndayishimiye dirilis pekan lalu, yang dibantah Rwanda sebagai sebuah “fantasi.”

Burundi terjerumus ke dalam krisis politik pada 2015 ketika Nkurunziza berusaha maju untuk jabatan ketiga yang kontroversial. Pencalonannya ditentang oleh kelompok oposisi dan masyarakat sipil, menyebabkan aksi protes, kekerasan dan kudeta yang gagal pada Mei 2015. Nkurunziza tidak mendesak pemilihan ulang dalam pemungutan suara ini. (CK/AA)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here