Di Tengah Sanksi AS, Sudah Tiga Kapal Tanker Iran Masuk Wilayah Venezuela

Tanker Iran
Kapal Tanker Iran Masuk Wilayah Venezuela. Foto: Istimewa

Indonesiainside.id, Maracay – Kargo ketiga dari armada tanker Iran yang membawa bahan bakar untuk Venezuela mendekati zona ekonomi eksklusif negara itu, Selasa (26/5). Sementara dua tanker sebelumnya telah bersiap untuk memindahkan muatannya, menurut data Refinitiv Eikon.

Tanker berbendera Iran, Petunia, memasuki Laut Karibia setelah melintasi Samudra Atlantik, mengikuti rute yang ditempuh dalam beberapa hari terakhir oleh dua kapal sebelumnya, Fortune and Forest.

Sebelumnya, dilansir dari Arab News, kapal tanker pertama, Fortune, disambut di kilang El Palito yang dikelola pemerintah PDVSA oleh menteri perminyakan Venezuela, Tareck El Aissami, yang berterima kasih kepada Iran atas dukungannya selama krisis.

Kesepakatan Iran dan Venezuela dikritik oleh Amerika Serikat (AS), karena kedua negara itu dikenai sanksi oleh AS. Seorang pejabat AS mengatakan awal bulan ini bahwa pemerintahan Presiden Donald Trump sedang mempertimbangkan tanggapan terhadap pengiriman itu.

Ketiga Kapal tanker yang sudah memasuki wilayah perairan Venezuela tampaknya tidak mengalami gangguan selama perjalanan mereka. Sementara Kapal tanker kedua, Forest, mengubah tujuannya ke pelabuhan yang melayani kilang Cardon PDVSA.

Ketika menerima impor, yang mencakup bensin dan komponen untuk produksi bahan bakar motor, PDVSA sedang berupaya untuk memulihkan sebagian dari kapasitas penyulingan dalam negeri yang hilang dalam beberapa tahun terakhir karena kesalahan manajemen, kurangnya personel yang berkualifikasi, dan keterlambatan pemeliharaan karena keterbatasan di bawah sanksi AS. (MSH)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here