Polandia Buka Kembali Perbatasan dengan Negara Tetangganya

Warga bersantai di ruang publik sejak 28 Mei 2020 kemarin. Foto: xinhua

Indonesiainside.id, Warsawa – Polandia kembali membuka perbatasannya dengan negara-negara Uni Eropa (UE) pada Jumat (12/6) tengah malam waktu setempat, mengakhiri penutupan perjalanan yang diberlakukan sejak 15 Maret lalu akibat pandemi Covid-19.

Kontrol perbatasan antara Polandia dengan Jerman, Republik Ceko, dan Slowakia telah dicabut pada tengah malam hari itu, sementara perbatasan Polandia-Lithuania dibuka kembali lebih awal pada hari yang sama. Warga dari negara-negara UE lainnya telah diizinkan memasuki Polandia, dan warga Polandia yang kembali dari luar negeri tidak lagi diwajibkan untuk melakukan karantina di rumah selama 14 hari.

Selain warga Polandia dan pemegang paspor UE lainnya, mereka dengan status diplomatik atau disebut Karta Polaka, yang bisa diperoleh warga negara non-Polandia yang dapat membuktikan warisan Polandia, serta pelajar di lembaga pendidikan Polandia juga diizinkan untuk masuk ke negara tersebut.

Sementara perbatasan Polandia dengan negara-negara non-UE, seperti Rusia, Belarusia, dan Ukraina, masih akan ditutup.

Sejumlah kota di perbatasan merayakan langkah pembukaan kembali tersebut. Para pejabat lokal dari Slubice secara seremonial bertemu dengan rekan-rekan sejawatnya dari Kota Frankfurt (Oder) di Jerman di jembatan yang menghubungkan kedua kota. Upacara serupa diadakan di jembatan yang menghubungkan Zgorzelec di Polandia barat daya dan Kota Goerlitz di Jerman sesaat setelah tengah malam.

Pembukaan kembali perbatasan dilakukan menyusul permintaan Komisi Eropa kepada negara-negara anggota untuk membuka kembali wilayah Schengen dan memungkinkan kembali pergerakan secara bebas paling lambat 1 Juli. Polandia juga rencananya akan membuka penerbangan internasional dari dan menuju negara tersebut mulai Selasa (16/6).

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here