Keluarganya Dihina, Presiden Erdogan Akan Perketat Media Sosial

Indonesiainside.id, Jakarta – Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan berjanji akan memperketat kontrol media sosial setelah keluarganya dihina. Presiden Erdogan memang diketahui tidak menyukai media sosial meski beberapa waktu lalu sempat menggunakan siaran langsung di YouTube.

Peristiwa itu terjadi kala menantu Erdogan yang juga Menteri Keuangan Turki Berat Albayrak, mengumumkan sang istri, Esra, melahirkan anak keempat mereka dalam kicauan di Twitter, Selasa (30/6).

Dari sekian banyak pesan dan kesan positif yang berisi ucapan selamat namun disebutnya ada juga pesan jahat yang menghina keluarga Albayrak, terutama Esra.

Mendapat hinaan seperti itu, Erdogan kemudian menyoroti “media yang tak terkontrol”. “Anda tahu mengapa kami menentang media seperti YouTube, Twitter, dan Netflix? Untuk mengenyahkan perilaku tak bermoral seperti ini,” kata Erdogan.

Di hadapan Partai Keadilan dan Pembangunan (AKP), Erdogan menganggap bahwa media semacam itu tidak cocok untuk Turki. “Karena itu kita harus membawanya ke sidang parlemen, untuk menghapus media sosial ini, seutuhnya, dan mengontrolnya,” tegasnya.

Dia mengatakan pemerintahnya bertekad untuk memperkenalkan undang-undang yang akan memaksa perusahaan media sosial untuk mendirikan badan hukum di Turki.

Persyaratan itu berarti mereka dapat dimintai pertanggungjawaban finansial dan dipaksa untuk menanggapi keputusan pengadilan Turki.

Erdogan mengatakan penyelidikan sedang dilakukan terhadap mereka yang “menyerang” keluarganya dengan “melecehkan bayi yang baru lahir”.

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here