Militer AS Cegat Roket yang Targetkan Kedutaan di Baghdad

Sebuah roket Katyusha jatuh di dekat kedutaan Amerika Serikat di Zona Hijau yang dijaga ketat Baghdad (twitter)

Indonesiainside.id, Dubai – Sebuah roket yang menargetkan kedutaan Amerika Serikat (AS) di Zona Hijau Baghdad, dicegat oleh sistem pertahanan Udara AS, Ahad (5/7). Hingga saat ini belum ada kelompok yang mengklaim bertanggung jawab atas serangan tersebut.

“Rudal yang dicegat oleh kedutaan besar Amerika di Baghdad jatuh di dekat sejumlah pemrotes yang duduk di dekat kawasan Zona Hijau. Rudal itu mendarat dekat dengan jembatan yang mengarah ke Zona Hijau itu sendiri,” kata Majid Hamid koresponden Al Arabiya di Baghdad.

Sejumlah serangan serupa di Zona Hijau terhadap fasilitas Amerika di Irak, telah ada sejak Oktober lalu. AS menyalahkan serangan tersebut kepada faksi yang didukung Iran di antara pasukan keamanan Irak.

Sementara itu, operasi militer Turki di Irak utara dikecam oleh Ahmed Mulla Talal, juru bicara Perdana Menteri Irak Mustafa Al-Kadhimi. “Kami sangat menolak dan mengutuk tindakan-tindakan ini yang merusak hubungan dekat dan sudah berlangsung lama antara kedua negara sahabat,” kata Talal dalam sebuah pernyataan.

Operasi Turki di Kurdistan dan wilayah yang disengketakan lainnya pada pertengahan Juni bertujuan untuk menghilangkan target Partai Pekerja Kurdistan (PKK) yang dicurigai dari daerah tersebut. Serangan udara yang diluncurkan oleh Ankara menewaskan lima warga sipil sejauh ini.

Dilansir Arab News, Talal menuduh Turki karena melanggar kedaulatan Irak dan menggambarkan bahwa aksi ofensif negara itu sangat merugikan bagi perdamaian regional.  Juru bicara itu menambahkan bahwa negaranya telah mengirim dua surat kepada duta besar Turki untuk Irak, dan mengatakan Bagdad harus merujuk pada hukum internasional untuk menghentikan Turki.

“Kami menganggap pihak Turki bertanggung jawab seacra hukum dan moral atas semua kerugian manusia dan material yang terjadi,” katanya. (NE)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here