Alhamdulillah, Doa Jutaan Muslim Turki Terkabul, Hagia Sophia Segera Dikonversi Jadi Masjid

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengambalikan fungsi Hagia Sophia dari museum menjadi masjid/TRT World

Indonesiainside.id, Istanbul – Pengadilan tinggi Turki memutuskan pada Jumat (10/7), bahwa ikon Istanbul, museum Hagia Sophia, dapat dikonversi menjadi masjid. Hal ini dirasakan sebagai kemenangan besar bagi Presiden Recep Tayyip Erdogan, dan warga Turki secara umum.

Pengadilan administrasi utama Turki, Dewan Negara, mengatakan bahwa keputusan pada 1934 untuk mengubah masjid menjadi museum adalah melanggar hukum. Keputusan itu membuka jalan bagi restorasi museum itu sebagai tempat ibadah kebanggan umat Islam.

“Keputusan kabinet tahun 1934 yang mengakhiri penggunaannya sebagai masjid dan mendefinisikannya sebagai museum tidak sesuai hukum,” kata Dewan Negara.

Sebelumnya, Presiden Erdogan mengusulkan untuk memulihkan situs Warisan Dunia UNESCO itu menjadi masjid. Usulan tersebut kemudian menempatkan bangunan berusia hampir 1.500 tahun itu di pusat perjuangan antara mereka yang ingin melestarikan akar sekuler Turki dan aspirasi presiden.

Erdogan menandatangani dekrit presiden, pada Jumat (10/7), yang mengatakan bahwa Hagia Sophia akan diserahkan kepada Direktorat Urusan Agama, yang akan membukanya untuk para jamaah.

Banyak orang di Turki akan menyambut gembira keputusan itu, dan menganggap keputusan pada Jumat itu sebagai kemenangan empatik bagi rencana Erdogan untuk negara sekuler namun mayoritas Muslim.

“Mehmet Sang Penakluk mengambil alih kota suci dengan pedangnya, dia selalu ingin Hagia Sophia menjadi masjid,” kata Ozlem Kaya, 52, seorang ibu rumah tangga dari Istanbul, merujuk pada sultan Ottoman (Utsmaniyyah) abad ke-15 yang merebut kota itu, yang kemudian dikenal sebagai Konstantinopel. “Dengan Erdogan, Turki akan menjadi negara yang lebih kuat dalam waktu dekat. Tidak perlu menjadi sekuler lagi.”

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here