Pastikan Keselamatan Jamaah Haji, Arab Saudi Siapkan Sejumlah Rumah Sakit Keliling dan Klinik Lapangan

Indonesiainside.id, Jeddah – Otoritas haji Arab Saudi, mengumumkan kesiapan mereka jelang pelaksanaan haji 2020 ini, dengan sejumlah rumah sakit lapangan, staf medis, dan klinik yang didirikan, di tempat-tempat suci, untuk melayani para jamaah calon haji.

Kementerian Kesehatan memastikan keselamatan para jamaah yang melaksanakan ibadah haji tahun ini, termasuk mempersiapkan sebuah rumah sakit di Mina, enam ambulans, tiga klinik di akomodasi haji, rumah sakit lapangan dan rumah sakit keliling serta klinik di Arafah.

Kader medis dan teknis juga bersiap untuk memastikan keselamatan jamaah saat melaksanakan haji, mengintensifkan persiapan untuk menangani penyakit seperti stroke panas. Sistem ‘gerimis’ didistribusikan di semua situs suci yang terbukti membantu menurunkan suhu, mengurangi kemungkinan jamaah menderita stroke panas.

Jamaah yang tiba di Makkah, akan menerima paket khusus yang disediakan oleh Kementerian Haji dan Umrah. Paket tersebut berisi masker, pakaian ihram, sajadah, kerikil khusus untuk lontar jumrah, dan barang-barang kebersihan seperti alat cukur, alat perawatan pribadi, serta buku panduan haji.

Menurut Mayor Jenderal Mohammed bin Wasl Al-Ahmadi, Asisten Komandan Pasukan Keamanan Haji untuk Masjidil Haram, rencana keamanan haji didasarkan pada empat pilar, yakni organisasi, keamanan, kemanusiaan, dan perawatan kesehatan.

Pasukan Keamanan Haji menetapkan mekanisme untuk masuk dan keluar dari dan ke Masjidil Haram selama ziarah. Sebuah jalur untuk jamaah meluas dari tempat selatan dan barat masjid, serta bagian-bagian khusus di sekitar wilayah Saee.

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here