Dua Bulan Lalu Gubernur Ini Sesumbar Berhasil Tangani Corona, Kini Wilayahnya Jadi Episentrum Global

Indonesiainside.id, Florida – Gubernur Florida Ron DeSantis, berdiri di luar Gedung Putih dua bulan lalu, dan menyombongkan tentang kemenangan negara bagian yang dipimpinnya atas pertempuran melawan virus corona.

“Kami berhasil dan orang-orang hanya tidak mau mengakuinya,” katanya. Kemudian, sambil menunjukkan jarinya ke wartawan, ia memarahi pers. “Anda punya banyak orang dalam profesi Anda yang terus bermunculan selama berminggu-minggu tentang bagaimana Florida akan menjadi seperti New York,” katanya.

Itu adalah kejadian pada 20 Mei lalu. Sekitar 10 minggu kemudian, Florida, dengan DeSantis di pucuk pimpinan, menjadi eisentrum global untuk kasus Covid-19, dan kegagalan telak sekutu terdekat Presiden trump dalam menanggapi pandemi.

Obsesi Trump menjadi tuan rumah, acara ekstravaganza konvensi di Florida, yang didukung oleh DeSantis, berantakan dan terpaksa dibatalkan akibat krisis virus corona. Dan kompetisi Baseball Liga Utama memicu keraguan untuk kembali, ketika dunia olahraga menunggu hasil tes, apakah wabah di antara pemain dan pelatih Miami Marlins menyebar ke tim lain atau tidak.

Negara bagian Florida melampaui jumlah total kasus Covid-19 New York, dengan 414.511 kasus dan masih terus meningkat. Hanya California, dengan populasi lebih besar, yang mencatat lebih banyak. Rawat inap di Florida meningkat dan kapasitas ICU di seluruh negara bagian itu kewalahan.

Pada Sabtu (25/7), Badan Administrasi Kesehatan negara bagian melaporkan bahwa hanya 17% dari tempat tidur ICU masih tersedia. Dan di Miami-Dade County, tingkat infeksi virus melebihi 19%, hampir dua kali lipat dari target. (Msh)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here