Dituding Azerbaijan Pasok Senjata ke Armenia, Ini Kata Pemerintah Yordania

AMMAN, YORDANIA - 23 MARET: (----EDITORIAL USE ONLY – MANDATORY CREDIT - "Jordanian Royal Council / Handout / HANDOUT" - NO MARKETING NO ADVERTISING CAMPAIGNS - DISTRIBUTED AS A SERVICE TO CLIENTS----) Raja Abdullah II Yordania menyampaikan pidatonya di televisi negara tersebut mengenai virus korona, di Amman, Jordan pada 23 Maret 2020. ( Jordanian Royal Council / Handout - Anadolu Agency )

Indonesiainside.id, Amman – Otoritas Yordania membantah sebuah laporan yang menyebutkan bahwa kerajaan memasok senjata ke Armenia selama bentrokan di perbatasan Armenia-Azerbaijan awal bulan ini.

Pada Selasa (28/7) kemarin, Kementerian Luar Negeri Yordania memanggil Duta Besar Azerbaijan di Amman Rasim Rzayev, menyusul pernyataan yang dikeluarkan oleh Kementerian Luar Negeri Azerbaijan tentang pemanggilan Duta besar Yordania di Baku Abdullah Ghosheh sehari sebelumnya.

Menurut pernyataan Kementerian Luar Negeri Azerbaijan, penjualan senjata mungkin dilakukan oleh perusahaan swasta yang membeli senjata dari industri pertahanan Yordania.

Wakil Menlu Azerbaijan Araz Azimov yang menemui Ghosheh di Baku mengatakan laporan tentang penjualan senjata oleh Yordania ke Armenia menyebabkan kekhawatiran di kalangan masyarakat luas Azerbaijan.

Pada 12 Juli, pasukan Armenia melanggar gencatan senjata dan menyerang tentara Azerbaijan di distrik Tovuz dengan artileri, hingga menewaskan 12 tentara Azerbaijan dan seorang warga sipil.

Azerbaijan menuding Armenia melancarkan aksi-aksi “provokatif” dan memperingatkan bahwa Azerbaijan siap untuk melawan segala bentuk serangan dari negara tetangganya itu.

Kedua negara itu telah lama berkonflik karena memperebutkan wilayah Upper Karabakh. Upper Karabakh atau Nagorno-Karabakh adalah wilayah Azerbaijan yang diakui secara internasional, tetapi diduduki secara ilegal oleh Armenia sejak 1991 melalui agresi militer.

Empat resolusi Dewan Keamanan PBB dan dua resolusi Majelis Umum PBB menuntut penarikan pasukan Armenia dari Upper Karabakah dan tujuh wilayah pendudukan lainnya di Azerbaijan. (AA/Msh)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here