Hasil Studi pada Monyet, Vaksin Moderna Lindungi Paru-paru dan Hidung dari Infeksi Covid-19

Vaksin Moderna Lindungi Paru-paru dan Hidung dari Infeksi Covid-19
Vaksin Moderna Lindungi Paru-paru dan Hidung dari Infeksi Covid-19. Foto: Antara

Indonesiainside.id, Massachusetts – Moderna pada Selasa (28/7) mengatakan bahwa vaksin Covid-19 eksperimental yang mereka kembangkan, menginduksi respons kekebalan yang kuat dan terlindung dari infeksi, dalam sebuah studi pada monyet.

“Vaksin, MRNA-1273, diberikan kepada primata non-manusia, menunjukkan hasil bahwa semua hewan dilindungi dari infeksi di paru-paru dan hidung, dan mencegah mereka dari penyakit paru-paru,” kata perusahaan itu dalam sebuah pernyataan. Hasil penelitian pada monyet kera rhesus ini diterbitkan dalam New England Journal of Medicine.

Dalam studi yang melibatkan 24 monyet, Moderna menguji dosis 10 mikrogram atau 100 mikrogram vaksin. Kedua dosis terbukti efektif melindungi terhadap replikasi virus di paru-paru dan radang paru-paru, dengan dosis yang lebih besar juga melindungi terhadap replikasi virus di hidung hewan.

Tampaknya ada peningkatan dibandingkan hasil pengembangan vaksin Covid-19 AstraZeneca dalam penelitian serupa.

Vaksin saingan sedang dikembangkan oleh AstraZeneca dan Universitas Oxford, dalam studi hewan yang serupa juga muncul untuk mencegah kerusakan pada paru-paru dan menjaga agar virus tidak membuat salinannya sendiri di sana. Tetapi virus masih aktif direplikasi di hidung dalam penelitian tersebut.

Sementara hasil penelitian pada hewan dapat meningkatkan kepercayaan terhadap reaksi vaksin, dilansir Channel News Asia, pengujian pada manusia atas vaksin Moderna juga sementara berlangsung.

Pada Senin (27/7), perusahaan memulai penelitian tahap akhir yang bermaksud untuk menguji vaksin RNA terhadap plasebo dari 30.000 sukarelawan sehat. Hasil positif dalam uji coba itu dapat membukanjalan bagi persetujuan peraturan dan penggunaan luas mulai akhir tahun ini.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here