Iran Luncurkan Rudal Balistik Bawah Laut selama Latihan Perang dengan Replika Kapal Induk AS

Indonesiainside.id, Teheran – Pasukan Pengawal Revolusi Militer Iran (IRGC) meluncurkan rudal balistik bawah laut sebagai bagian dari latihan yang melibatkan replika kapal induk Amerika Serikat (AS) di Selat Hormuz. TV pemerintah melaporkan, drone secara terpisah menargetkan badan replika kapal induk AS.

Laporan TV tersebut tidak segera menyiarkan rekaman peluncuran atau serangan drone, juga tidak mengidentifikasi rudal yang digunakan dalam latihan tersebut. Namun, pesan latihan itu jelas ditujukan ke Amerika Serikat.

Rekaman latihan perang yang disiarkan pada Selasa (28/7), menunjukkan berbagai rudal ditembakkan dari kapal cepat, truk peluncur rudal, dan helikopter, yang menargetkan replika kapal induk AS.

“Pasukan juga direncanakan untuk menembakkan rudal balistik jarak jauh dalam latihan ini,” kata salah seorang komandan, yang dilansir Arab News.

Tembakan rudal balistik yang terdeteksi dari latihan itu mengakibatkan pasukan AS segera disiagakan di Pangkalan Udara Al-Dhafra di Abu Dhabi di Uni Emirat Arab dan Pangkalan Udara Al-Udeid, markas garis depan Komando Pusat militer AS di Qatar. Kedua pangkalan ini berjarak ratusan kilometer jauhnya dari tempat Iran menempatkan replika kapal induk.

Latihan perang ini menggarisbawahi ancaman konflik militer antara Iran dan AS yang masih tersisa setelah serangkaian insiden yang meningkat tahun lalu, setelah serangan pesawat tak berawak AS Januari lalu. Teheran menanggapi serangan itu dengan menembakkan rudal balistik yang melukai puluhan pasukan Amerika di Irak.

Sementara pandemi virus corona melanda Iran dan AS, terjadi konfrontasi yang berkembang ketika Amerika berargumen untuk memperpanjang embargo senjata PBB selama bertahun-tahun di Teheran yang akan berakhir pada Oktober nanti. Bahkan sebuah insiden baru-baru ini mengenai Suriah yang melibatkan pesawat jet tempur Amerika yang bermanuver sangat dekat dengan pesawat penumpang Iran juga memperburuk ketegangan. (NE)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here