Jamaah Calon Haji Tawaf dengan Tetap Menjaga Jarak Sosial

Indonesiainside.id, Makkah – Para jamaah calon haji, yang tiba di Makkah, mulai melakukan tawaf di Ka’bah, di Masjidil Haram. Dengan hanya 1.000 jamaah yang diizinkan mengikuti haji tahun ini, maka sangat mudah bagi para jamaah mempraktikkan jarak sosial dalam proses tawaf kali ini.

Dilansir dari laman dailysabah.com, para jamaah melakukan gerakan memutari Ka’bah dengan teratur, dengan jarak antara jamaah kira-kira satu meter. Selain itu, terlihat para jamaah juga menggunakan masker. Petugas haji dan staf kesehatan juga terlihat terus memantau para jamaah yang melakukan tawaf.

Sebelumnya, Kementerian Kesehatan Arab Saudi diberitakan menugaskan seorang petugas kesehatan untuk mengawal setiap 50 jamaah calon haji tahun ini. Langkah yang belum pernah terjadi sebelumnya itu, adalah untuk memastikan terlaksananya semua aturan pencegahan penyebaran virus corona.

Dalam pernyataan yang dikutip Saudi Press Agency (SPA) pada Selasa (28/7), kementerian mengatakan bahwa petugas kesehatan akan bertanggung jawab memastikan bahwa jamaah yang mereka kawal mengikuti langkah pencegahan yang diberlakukan oleh otoritas haji, termasuk menjaga jarak sosial dalam pergerakan antara tempat-tempat suci. Selain itu, petugas juga wajib menjaga keamanan dan kenyamanan para jamaah.

Perlu dicatat, bahwa petugas kesehatan yang ditugaskan, adalah praktisi kesehatan yang memenuhi kompetensi untuk melakukan skrining visual, mengisi formulir tindak lanjut di dalam bus jamaah, memantau komitmen jamaah terhadap langkah-langkah pencegahan, dan melaporkan setiap kasus atau gejala yang diduga.

Pada esok hari para jamaah akan melakukan perjalanan ke Arafat untuk mendengarkan khotbah, puncak haji. Mereka kemudian pergi ke Muzdalifah dan bermalam, sebelum kembali ke Mina untuk ritual Jamarat. (SD)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here