Pasukan Keamanan Saudi Gagalkan 244 Orang yang Coba Masuki Kota Makkah secara Ilegal

Indonesiainside.id, Makkah – Pasukan keamanan Arab Saudi yang bertugas mengawal dan menjaga ketertiban pelaksanaan haji, menangkap 244 orang yang mencoba memasuki tempat-tempat suci secara ilegal atau tanpa izin.

“Para petugas menciptakan penjagaan keamanan yang ketat di dalam dan sekitar situs-situs suci untuk menegakkan peraturan ini dan menangkap para pelanggar,” kata seorang juru bicara keamanan, seraya mendesak orang-orang untuk menghindari memasuki tempat-tempat suci tersebut tanpa izin.

Sebelumnya, pemerintah mengumumkan akan mendenda dan memenjarakan individu dan perusahaan yang mengangkut jamaah haji yang tidak memiliki izin masuk ke Makkah, sebagai bagian dari langkah-langkah keamanan yang ketat untuk ibadah haji tahun ini.

Petugas keamanan akan menjaga terhadap kemungkinan upaya infiltrasi para jamaah yang tidak diizinkan, untuk memastikan pelaksanaan haji yang aman. Tidak seorang pun kecuali mereka yang memiliki izin resmi dari pihak berwenang diizinkan melaksanakan ibadah haji atau memasuki wilayah suci.

Menurut Direktorat Jenderal Paspor, individu dan perusahaan yang mengangkut jamaah haji tanpa izin akan menghadapi hukuman berat karena melanggar hukum, di samping hukuman tambahan karena membahayakan kesehatan masyarakat. Hukuman termasuk denda, penjara, dan penyitaan kendaraan mereka.

Dilansir Arab News, ekspatriat yang ditemukan melanggar langkah-langkah keamanan juga akan menghadapi deportasi dari negara dan mereka akan ditolak aksesnya ke Kerajaan selama periode tertentu.

Hukuman dimulai dari SR10.000 atau sekitar Rp36 juta untuk setiap jamaah yang diangkut secara ilegal dan 15 hari penjara untuk pelanggaran pertama kalinya, dan hukuman ini akan berlipat ganda ketika pelanggaran tersebut diulang. Denda maksimum adalah SR50.000 atau sekitar Rp182 juta untuk setiap jamaah dan enam bulan penjara di samping penyitaan kendaraan.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here