Perjalanan Dimulai, 1.000 Jamaah Tiba di Mina untuk Hari Pertama Pelaksanaan Haji

Indonesiainside.id, Jeddah – Sekitar 1.000 jamaah calon haji berkumpul di Lembah Mina di luar Makkah, pada Rabu (29/7), untuk memulai perjalanan spiritual mereka. Dengan jumlah yang terbatas ini, para jamaah memanfaatkan kesempatan untuk melaksanakan semua rangkaian ibadah haji dengan tenang dan nyaman.

Hari Tarwiyah (mengambil air) menandai awal pelaksanaan ibadah haji. Tidak ada ritual besar, sehingga para jamaah akan menghabiskan waktu mereka berdoa dan bertafakkur hingga matahari terbit pada Kamis (30/7) besok.

Dilansir Arab Saudi, Mina, sekitar 7 km arah timur laut dari Masjidil Haram di Kota Makkah, biasanya akan menjadi situs kota tenda terbesar di dunia, yang menampung sekitar 2,5 juta jamaah. Namun, partisipasi haji tahun ini dibatasi untuk mencegah penyebaran pandemi virus corona, dan para jamaah dipilih dari warga Saudi atau ekspatriat yang selama beberapa bulan terakhir tinggal di Kerajaan.

Mereka yang dipilih untuk ambil bagian dalam pelaksanaan haji tahun ini diwajibkan untuk menjalani tes virus corona sebelum mereka tiba di Makkah, lakukan pemeriksaan suhu rutin, dan menjalani karantina ketika mereka mulai tiba di Makkah. Selain itu, mereka akan dikarantina lagi setelah melaksanakan semua rangkaian ibadah haji.

Staf kesehatan dan keselamatan dengan disinfektan akan membersihkan area di sekitar Kabah. Namun, otoritas haji menutup Kabah tahun ini, dan jamaah tidak akan diizinkan untuk menyentuhnya, untuk membatasi kemungkinan infeksi.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here