Perjalanan Dimulai, 1.000 Jamaah Tiba di Mina untuk Hari Pertama Pelaksanaan Haji

Otoritas juga mendirikan pusat kesehatan khusus, rumah sakit lapangan, klinik keliling dan menyiagakan ambulans untuk merawat para jamaah. Sementara para jamaah akan diminta untuk selalu mengenakan masker, dan menjaga jarak sosial.

Para jamaah akan diberi perlengkapan kenyamanan yang mencakup cairan disinfektan, masker, sajadah dan ihram, dan kerikil khusus yang sudah disterilkan untuk ritual lontar jumrah nanti. “Tidak ada masalah terkait keamanan dalam ibadah haji rahun ini, kami lebih banyak fokus untuk melindungi jamaah dari bahaya pandemi,” kata Khalid bin Qarar Al-Harbi, Direktur Keamanan Publik Arab Saudi.

Pada Kamis (30/7) besok, para peziarah akan melakukan perjalanan ke Arafah untuk mendengarkan khotbah, dalam ritual puncak ibadah haji. Setelah itu, mereka kemudian pergi ke Muzdalifah dan menginap disana, sebelum kembali ke Mina untuk ritual Jamarat.

Zaker Kareem dan Saifullah Al-Mohammedani adalah di antara para jamaah yang berkumpul di Mina hari ini. Mereka tinggal di Kerajaan, setelah bertemu di universitas di Madinah 6 tahun yang lalu. Al-Mohammedani sedang menyelesaikan tahun terakhirnya di universitas. Mereka berdua mendaftarkan nama mereka di portal haji secara bersamaan.

“Saya memeriksa portal sepanjang waktu untuk melihat apakah aplikasi saya diterima atau tidak. Saya senang ketika melihat persetujuan. Saya menelepon Zaker, dan dia memberi tahu saya bahwa dia juga diterima. Aku benar-benar bahagia,” kata Al-Mohammedani.

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here