Indonesiainside.id, Jakarta – India dan Cina berusaha saling membangun fasilitas di sepanjang perbatasan Himalaya yang disengketakan mereka. Sebuah jalan baru ke pangkalan udara India di dataran tinggi dikatakan menjadi salah satu pemicu utama bentrokan dengan pasukan China bulan lalu yang menewaskan sedikitnya 20 tentara India.
Jalan Darbuk-Shyok-Daulat Beg Oldi (DSDBO) sepanjang 255 km, selesai tahun lalu setelah hampir dua dekade pengerjaan. Penyelesaiannya dapat meningkatkan kemampuan India untuk memobilisasi orang dan material secara cepat jika ada konflik.
Bentrokan pada 15 Juni lalu, di Lembah Galwan di Ladakh, memunculkan kekhawatiran bahwa ketegangan antara kedua kekuatan nuklir itu bisa meningkat. Mereka tidak pernah menyetujui posisi pasti dari perbatasan 3.500 km mereka, dan pasukan mereka berhadap-hadapan di banyak titik di sepanjang wilayah itu.
Baik India dan China menginvestasikan uang dan tenaga kerja untuk membangun jalan, rel kereta api, dan lapangan udara di sepanjang Garis Kontrol Aktual (LAC), batas de facto yang memisahkan mereka. Keduanya juga memodernisasi perangkat militer mereka di wilayah itu.
Pekerjaan pembangunan India baru-baru ini, termasuk jalan DSDBO, tampaknya membuat China geram, tetapi China sendiri sibuk membangun di sepanjang perbatasan yang sama selama bertahun-tahun. Kedua belah pihak cenderung memandang upaya konstruksi pihak lain sebagai langkah yang diperhitungkan untuk mendapatkan keuntungan taktis, dan ketegangan memanas ketika salah satu mengumumkan proyek besar.
Pada musim panas 2017, kedua negara dibawa ke sebuah perselisihan di dataran tinggi Doklam, jauh di sebelah timur Ladakh. Konfrontasi itu juga menyangkut pembangunan fasilitas, kali ini China berusaha untuk memperluas jalan perbatasan di dekat persimpangan antara India, China dan Bhutan.
Penyelesaian jalan DSDBO, yang menghubungkan lapangan terbang penting Daulat Beg Oldi ke ibu kota regional Leh, memperkuat kemampuan India untuk memobilisasi peralatan dengan cepat. India telah lama menempatkan sumber daya manusia di Daulat Beg Oldi, tetapi sebelum pengaktifan kembali landasan terbang dan penyelesaian jalan, orang-orang di sana hanya bisa mendapatkan pasokan melalui helikopter.
Jalan dan jembatan tambahan sekarang sedang dibangun untuk menghubungkan jalan dengan basis pasokan darat dan pos-pos perbatasan di LAC, memungkinkan patroli India untuk melangkah lebih jauh ke depan dan mengubah dinamika taktis di daerah tersebut. Meskipun terjadi bentrokan baru-baru ini, India mengisyaratkan bahwa mereka akan terus meningkatkan infrastrukturnya.
Dalam proses pemindahan 12.000 pekerja dari negara bagian Jharkhand di timur untuk membangun jalan di sepanjang perbatasan di Ladakh, Himachal Pradesh dan Uttarakhand, semua wilayah yang berbatasan dengan China. Setelah bertahun-tahun membiarkan infrastrukturnya diabaikan, India segera mengembangkan wilayah perbatasannya untuk menetralisir keunggulan logistik China.
Mereka memulai program pembangunan jalan dan kereta api yang luas di wilayah tersebut. Sebanyak 73 jalan strategis dan 125 jembatan disetujui di berbagai sektor di sisi India LAC. Tapi kemajuannya lambat.
Sejauh ini hanya 35 jalan yang diselesaika. Kunci di antaranya adalah Ghatibagarh-Lipulekh di negara bagian Uttarakhand dan Damping-Yangtze di Arunachal Pradesh. 11 lainnya dijadwalkan akan dibangun pada akhir tahun ini.
Delhi juga menyetujui sembilan jalur kereta api strategis, termasuk bagian Missamari-Tenga-Tawang dan Bilaspur-Mandi-Manali-Leh. Jalur ini berjalan di sepanjang perbatasan dengan China dan akan memungkinkan militer India untuk membawa artileri berat ke posisinya.
Dalam hal fasilitas penerbangan, India memiliki sekitar 25 lapangan terbang di sepanjang LAC tetapi fokusnya baru-baru ini adalah memperluas jaringan Advanced Landing Grounds (ALG).
Pada 2018, India mengumumkan bahwa mereka akan memodernisasi delapan ALG yang ada dan juga mengembangkan tujuh ALG baru yang dekat dengan perbatasan. 30 jet tempur Sukhoi canggih dan helikopter Chetak dikerahkan di Chabua, pangkalan utama Angkatan Udara India yang terletak di negara bagian Assam, di sepanjang bagian timur perbatasan dengan China. Pangkalan itu baru saja direnovasi dan dimodernisasi.
Meskipun membaik dalam beberapa tahun terakhir, upaya pembangunan India terus terhambat oleh medan yang berat, masalah pembebasan lahan, keterlambatan birokrasi, dan kendala anggaran. Sementara China menempatkan kemampuan konstruksinya yang terkenal untuk digunakan dalam beberapa tahun terakhir dengan membangun jaringan pangkalan udara, barak militer, dan infrastruktur fisik lainnya di sepanjang perbatasan.
Beijing juga mulai membangun jalan di wilayah Himalaya pada awal 1950-an, dan sekarang memiliki jaringan jalan dan kereta api yang luas di Tibet dan Provinsi Yunnan. Sejak 2016, China menaikkan taruhannya dengan meningkatkan konektivitas ke daerah-daerah dekat perbatasannya dengan India, Bhutan dan Nepal.
China sedang berupaya menghubungkan Jalan Xinjiang-Tibet yang lama ke Jalan Raya Nasional G219, yang membentang di hampir seluruh perbatasan China-India. Jalan konkret antara Medog dan Zayu di dekat negara bagian Arunachal Pradesh di India, yang diklaim Cina, yang akan selesai pada akhir tahun ini.
Ada juga jalur rel baru yang sedang dibangun yang menghubungkan Shigatse ke Chengdu melalui Nyingchi, dekat dengan perbatasan India. Jalur kereta api lainnya direncanakan antara Shigatse dan Yadong, pusat perdagangan di sebelah Sikkim, negara bagian Himalaya di India timur laut, tempat pertempuran kecil terjadi antara pasukan India dan Cina pada awal Mei lalu.
China memiliki sekitar selusin lapangan terbang yang menghadap ke India, dengan lima di antaranya menjadi bandara penggunaan ganda di Tibet, yang berarti untuk keperluan sipil dan militer. Mereka sedang membangun tiga bandara baru di sana dan meningkatkan Shigatse, Ngari Gunsa, dan bandara Gonggar di Lhasa dengan menambahkan tempat penampungan bawah tanah dan landasan pacu baru.
Sejumlah Perangkat rudal dan jet tempur canggih dilaporkan dikerahkan di lapangan terbang Ngari Gunsa, yang terletak 4.274 m (14.022) kaki di atas permukaan laut, sekitar 200 km dari Danau Pangong. Dalam hal kekuatan udara, para pakar militer mengatakan India memiliki keunggulan relatif, karena pangkalan-pangkalan Tiongkok umumnya lebih jauh dari LAC dan pada ketinggian yang lebih tinggi, di mana udara yang lebih tipis berarti jet dapat membawa lebih sedikit bahan bakar dan muatan.
Perbaikan infrastruktur di kedua sisi ini dirancang dengan satu tujuan utama, yakni untuk memungkinkan pergerakan pasukan dan perangkat keras militer yang cepat ke perbatasan jika terjadi konflik skala penuh. “Ketika proyek-proyek infrastruktur ambisius ini akhirnya selesai, sejumlah besar pasukan India akan dapat bergerak lebih bebas di dalam sub-teater kritis tertentu tanpa takut lumpuh atau terhalang secara fisik,” kata sebuah studi pada 2019 oleh Pusat Keamanan Amerika Baru.
India telah lama menahan diri dari pembangunan yang luas, mereka percaya bahwa meningkatkan infrastruktur di sisi perbatasannya akan memfasilitasi gerakan China di dalam wilayah India jika terjadi konflik. Rajeswari Pillai, seorang rekan di Observer Research Foundation, menggambarkan bahwa pembangunan infrastruktur India, sebagai tanggapan defensif karena infrastruktur China merupakan ancaman, karena dapat memungkinkan tentara China untuk terlibat dalam operasi ofensif dan memungkinkannya untuk dengan cepat memusatkan pasukan di setiap titik di mana ada perselisihan. (NE)