Khotbah Syekh Al-Manea di Arafah, Tak Ada Satu Pun Sisi yang Bisa Membuat Orang Lain Membenci Islam

Indonesiainside.id, Arafah – Kesehatan dan kesejahteraan fisik serta menjaga kebersihan diri sendiri dan menjaga kebersihan lingkungan adalah perintah syariat dalam Islam.

Islam juga menyerukan agar ummatnya melindungi masyarakat dari penyebaran epidemi, kata Sheikh Abdullah Bin Suleiman Al-Manea, anggota Dewan Cendekiawan Senior dan Penasihat di Royal Court, dalam khotbahnya di Arafah.

Dalam khotbahnya, Syekh Al-Manea menyebutkan inti dari ajaran Islam yang menjawab bahwa tak ada satu pun sisi yang bisa membuat orang lain membenci Islam.

Dia mengawali khotbah dengan mengutip sebuah ayat dari Al-Qur’an yang berbunyi: “Orang-orang yang beriman, ketika kamu ingin melakukan shalat tetapi kamu berada dalam keadaan hadas kecil, kamu harus terlebih dahulu melakukan wudhu dengan mencuci wajah, mencuci tangan hingga lengan termasuk siku, membasahi kepala bagian atas hingga ubun-ubun, dan cuci kaki Anda hingga pergelangan kaki. Sedangkan jika kamu berada dalam kondisi hadas besar, kamu harus terlebih dahulu melakukan junub dengan mencuci tubuh Anda secara keseluruhan”.

“Dan bersihkanlah pakaianmu”. Allah juga memberi tahu kita, bahwa Nabi Ibrahim berkata: “Dan ketika aku sakit, Allahlah yang menyembuhkan aku”. Selain itu, Allah menggambarkan Nabi-Nya Muhammad SAW dengan berfirman, “Dia akan mengizinkan hal-hal yang bermanfaat bagi umat, dan melarang umat dari semua hal yang menjijikkan”. Selanjutnya, Nabi berkata: “Hamba-hamba Allah, mencari obat untuk penyakit karena tidak ada penyakit yang tidak memiliki obat.” dan juga, “Jangan menempatkan orang yang sakit dengan orang yang sehat.”

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here